DetikNews
Selasa 19 Juni 2018, 16:08 WIB

Puncak Arus Balik di Cicaheum Diprediksi Besok

Mochamad Solehudin - detikNews
Puncak Arus Balik di Cicaheum Diprediksi Besok Foto: Mochamad Solehudin
Bandung - Puncak arus balik Lebaran 2018 di Terminal Cicaheum, Kota Bandung diprediksi terjadi pada Rabu (20/6/2018) besok. Pasalnya sebagian pegawai atau pemudik sudah mulai masuk kerja pada Kamis (21/6/2018).
"Kami prediksi H+4 atau Rabu adalah puncak arus balik, karena sebagian pegawai sudah masuk," kata Kepala Terminal Cicaheum, Kota Bandung Roni Hermanto, saat dihubungi, Selasa (19/6/2018).
Sementara pada hari ini, sampai pukul 12.00 WIB belum terlihat adanya lonjakan arus balik atau penumpang di Terminal Cicaheum. Berdasarkan data terakhir pada Senin (18/) kemarin telah ada 1.529 penumpang dengan 194 bus yang tiba di terminal tersebut.
"Arus balik di Terminal Cicaheum tidak terlalu signifikan. Malah masih banyak keberangkatan daripada kedatangan," katanya.
Dari data terakhir, jumlah penumpang yang berangkat dari Terminal Cicaheum mencapai 2.139 orang dengan tujuan ke berbagai daerah di Jawa Barat. Mulai dari Tasikmalaya, Garut, Sumedang, Banjar, Cirebon, Indramayu dan Pangandaran.
"Rata-rata yang berangkat didominasi oleh pemudik lokal," ujarnya.
Untuk mengantisipasi keterlambatan armada pihaknya juga sudah menyiapkan 30 bus tambahan. Karena pihaknya khawatir terjadi keterlambatan armada seiring meningkatnya volume arus balik dari luar kota menuju Kota Bandung.
"30 bus tambahan itu lima bus antar kota antar provinsi, lima bus antar kota dalam provinsi dan 20 bus perbantuan dari DAMRI. Kami menyiapkan bus cadangan sebagai langkah antisipasi supaya tidak terjadi penumpukan penumpang," ucap Roni.



(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed