detikNews
Minggu 17 Juni 2018, 17:22 WIB

Pangandaran Jadi Primadona Wisatawan Berlibur Lebaran

Dadang Hermansyah - detikNews
Pangandaran Jadi Primadona Wisatawan Berlibur Lebaran Pantai Pangandaran. (Foto: istimewa)
Pangandaran - Pantai Pangandaran selalu menjadi primadona wisatawan saat berlibur di wilayah selatan Jawa Barat. Setelah hari pertama Lebaran 2018, wisatawan berkunjung ke Pantai Pangandaran mulai mengalami lonjakan.

"Pada hari kedua kemarin wisatawan yang datang itu mencapai 45 ribu lebih, sekarang bisa lebih dari dua kali lipat, mungkin mencapai 100 ribuan," ujar Kabid Ekonomi Kreatif Dinas Pariwsata Kabupaten Pangandaran Megi Farlumi saat dihubungi oleh detikcom melalui sambungan telepon, Minggu (17/6/2018).

Megi menjelaskan kondisi saat ini volume kendaraan yang berdatangan terus meningkat, terutama sepeda motor. Akibatnya terjadi kepadatan di pintu masuk saat transaksi pembelian tiket.

"Di semua pintu masuk padat merayap karena ada pembelian tiket, tapi di dalam lancar. Kami terus memantau setiap titik," ungkapnya.

Berdasarkan pantauan, menurut Megi, wisatawan yang datang ke Pangandaran dari berbagai daerah seperti Jakarta, Bandung dan Jawa Tengah. Termasuk wisatawan domestik seperti dari Garut, Ciamis, Tasikmayala dan Banjar.

"Dari kendaraan yang masuk banyak dari Jakarta. Daerah terdekatnya seperti dari Ciamis dan Tasikmalaya," tuturnya.

Menurut Megi, ada lima titik obyek wisata mulai dari Pantai Pangandaran, Grand Canyon, Batukaras, Karapyak dan Batu Hiu. Hampir semua lokasi dipadati wisatawan.

"Semua wisatawan memenuhi lima obyek wisata," kata Megi.

Ia memperkirakan puncak wisatawan yang datang ke Pangandaran pada H+3 ini. Mengingat pada hari Senin (18/6/2018) beberapa kantor swasta sudah mulai beroperasi.

"Mungkin puncaknya hari ini, tapi kondisi wisatawan akan tetap penuh sampai akhir liburan, mungkin sampai hari rabu," ucap Megi.

Untuk pengamanan para wisatawan, Dinas Pariwisata berkoordinasi dengan berbagai pihak, yaitu Satpol PP, Dishub, Pores Ciamis, Kodim 0613 Ciamis, Satuan Petugas Jaga Lembur dan Balawisata Life Guard.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed