DetikNews
Selasa 12 Juni 2018, 21:48 WIB

Buka Puasa Bareng Warga, Aher Cerita Kenangan Huni Pakuan

Mukhlis Dinillah - detikNews
Buka Puasa Bareng Warga, Aher Cerita Kenangan Huni Pakuan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan berswafoto dengan tetangga di Gedung Pakuan. (Foto: Muklis Dinillah/detikcom)
Bandung - Sehari sebelum meninggalkan Gedung Pakuan, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan atau Aher mengajak warga sekitar berbuka puasa Ramadan 2018. Bersama tetangganya 10 tahun terakhir, Aher mengenang pertama kali menginjakkan kakinya di Gedung Pakuan.

Aher akan purnatugas sebagai gubernur Jabar pada Rabu 13 Juni 2018. Selama ini Aher bersama istrinya Netty Prasetyani bertetangga dengan warga RW 01 Babakan Ciamis, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung.


Ratusan warga mulai dari anak-anak hingga dewasa memadati lapangan terbuka yang berada di kawasan Gedung Pakuan. Mereka berbondong-bondong datang untuk melepas Aher bersama keluarganya setelah 10 tahun menjadi tetangga.

Dalam kesempatan itu, Aher yang mengenakan batik sempat berpidato di hadapan warga. Ia mengenang pertama kali datang ke rumah dinas gubernur Jabar tersebut.

Buka Puasa Bareng Warga, Aher Cerita Kenangan Huni PakuanAcara buka puasa di Gedung Pakuan. (Foto: Muklis Dinillah/detikcom)
Aher yang saat itu baru saja dilantik di Gedung Merdeka, Kota Bandung, 10 tahun lalu menceritakan pertama kali tinggal di Gedung Pakuan sendirian. Sebab sang istri bersama buah hatinya tinggal di Jakarta.

"Saya ingat waktu itu empat hari sebelum pelantikan tinggal di hotel karena rumah di Jakarta. Setelah pelantikan di Gedung Merdeka, sore harinya saya mampir ke Gedung Pakuan tidur sendiri," kata Aher di Gedung Pakuan, Jalan Otto Iskandardinata, Kota Bandung, Selasa (12/6/2018).

Ia mengaku kaget ketika pertama kali menghuni gedung negara tersebut. Sebab, ia tak menyangka tempat rumah dinasnya sebagai gubernur Jabar sangat luas.

"Saya pertama kali ke ini karena besar sekali tempatnya kaget juga. Tapi perlahan-lahan betah juga. Sepuluh tahun enggak pernah keluar Pakuan malah, karena enggak punya rumah di Bandung," kata Aher mengungkapkan.


Keesokan harinya sang istri dan buah hatinya baru datang dan tinggal bersamanya di Gedung Pakuan. Sebagai warga baru, Aher bersama keluarga lalu bergegas berkeliling ke lingkungan sekitar untuk bersosialisasi dengan tetangga.

"Sebagai warga baru tentu saya harus menyapa tetangga terdekat juga. Kali ini kita harus berpisah," katanya.

"Saya berharap silaturahmi ini tetap terjaga walaupun saya sudah tinggal di sini dan menjadi Gubernur Jabar," Aher menambahkan

Setelah purnatugas, Aher sementara waktu akan tinggal bersama keluarga di kawasan Setraduta, Kota Bandung. Aher mengaku tengah membangun rumah di kawasan Pasir Impun, Kabupaten Bandung.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed