Pesan Kapolda Jabar ke Pemudik Bersepeda Motor

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Minggu, 10 Jun 2018 15:18 WIB
Pemudik menggunakan sepeda motor saat melintas jalur mudik Nagreg. (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Bandung - Kapolda Jawa Barat Irjen Agung Budi Maryoto meminta para pemudik yang menggunakan sepeda motor untuk tidak memaksakan apabila kelelahan di jalan. Pemudik bermotor dipersilakan beristirahat di pos pengamanan atau kantor-kantor polisi di Jabar bertepatan arus mudik 2018.

"Silakan, pos-pos pengamanan untuk barangkali beristirahat sejenak kami persilakan. Atau mau di Polsek atau Polres sudah kita siapkan," ujar Agung kepada detikcom via pesan singkat, Minggu (10/6/2018).


Agung mengatakan berdasarkan prediksi dari Kementerian Perhubungan, jumlah pemudik bermotor di musim mudik lebaran 2018 cenderung meningkat. Hal tersebut tentu menjadi perhatian pihak kepolisian.

"Informasinya malah sampai delapan juta," kata Agung.

Perhatian polisi terhadap pemudik bermotor tersebut tak lepas dari potensi kerawanan kecelakaan. Menurut Agung, kerawanan saat bepergian dalam jarak tempuh cukup jauh, lebih tinggi.

"Karena kalau kecelakaan bisa saja menimpa diri sendiri atau orang lain yang bisa berakibat fatal," tuturnya.


Oleh karena itu, dirinya berpesan kepada masyarakat yang belum mudik dan berencana akan mudik menggunakan sepeda motor agar berpikir ulang. Dia menyarankan agar pemudik beralih menggunakan moda transportasi umum.

"Saya tetap mengharapkan merubah moda transportasi yang tadinya sepeda motor menjadi kendaraan umum, apakah bus, kapal atau pesawat terbang demi keamanan kita semua," katanya.

"Tapi kalau tetap, kita sudah siap mengawal. Kita sudah menggelar operasi ketupat," kata Agung menambahkan.



Perhatikan juga pesan Menhub soal pemotor ini ya supaya bisa mudik dengan aman dan nyaman:

[Gambas:Video 20detik]

(bbn/bbn)