Tim Pengurai Macet Siaga di Jalur Mudik Pantura Cirebon

Sudirman Wamad - detikNews
Rabu, 06 Jun 2018 10:56 WIB
Personel Polres Cirebon siap mengamankan arus mudik-balik Lebaran 2018. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Cirebon - Sebanyak 2.490 personel gabungan dan tim khusus dikerahkan mengawal pengamanan arus lalu lintas selama momen mudik Lebaran 2018 di Kabupaten Cirebon. Segala bentuk rekayasa lalu lintas telah disiapkan.


Kapolres Cirebon AKBP Suhermanto mengatakan personel yang terlibat Operasi Ketupat Lodaya ini terdiri berbagai instansi yaitu TNI, Sat Pol PP, Dishub, Pramuka, dan lainnya.

"Dari personel gabungan jumlahnya 1.500, ditambah dari internal kepolisian sebanyak 990. Kita juga mengerahkan kendaraan operasional, roda empat ada 40 kendaraan, dan roda dua ada 75 kendaraan," kata Suhermanto usai apel gelar pasukan Operasi Ketupat Lodaya di halaman Mapolres Cirebon, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Rabu (6/6/2018).

Suhermanto menjelaskan pihaknya telah menyiapkan Tim Pengurai saat terjadi kemacetan di jalur Pantura. Tim urai tersebut, lanjut dia, akan bekerja sama dengan Sat Lantas dan Sat Sabhara Polres Cirebon.

"Tim Pengurai itu akan menempati titik-titik rawan kemacetan yang ada di jalur pantura, seperti pasar Tegalgubug, Weru, kemudian pintu tol Palimanan," ucapnya.


Selain menerjunkan tim urai kemacetan, menurut Suhermanto, Polres Cirebon menyiagakan Tim Khusus Antibandit (Tekab) yang akan diterjunkan di jalur Pantura. Penempatan anggota Tekab itu disesuaikan dengan titik-titik rawan kriminalitas.

"Kami juga mengimbau agar pemudik tetap mengedepankan keselamatan saat berkendara. Semoga mudik tahun ini berjalan lancar dan aman," ujar Suhermanto.



Saksikan juga video: 'Menhub Pastikan Jalur Pantura Tak Kalah Mulus dengan Tol'

[Gambas:Video 20detik]

(bbn/bbn)