Tol Cipali Buka 26 Gardu Selama Arus Mudik Lebaran

Sudirman Wamad - detikNews
Selasa, 05 Jun 2018 19:58 WIB
Tol Cipali. (Foto: dokumentasi detikcom)
Tol Cipali. (Foto: dokumentasi detikcom)
Subang - PT Lintas Marga Sedaya (LMS) selaku pengelola Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) siap membuka 26 gardu saat menyambut arus mudik dan balik Lebaran 2018. General Manager Operasional (GMO) PT LMS Suyitno menjelaskan penambahan gardu tol itu disesuaikan dengan kebutuhan volume kendaraan yang melintas di Cipali.


PT LMS memprediksi volume kendaraan yang lewat Cipali pada arus mudik tahun ini mengalami kenaikan dibandingkan tahun lalu. "Kenaikannya diprediksi 15 persen. Tahun lalu itu volume kendaraan tertinggi mencapai 87.385 kendaraan. Kemudian, kita akan membuka 26 gardu selama mudik dan balik lebaran," kata Suyitno di Hotel Betha, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Selasa (5/6/2018).

General Manager Operasional (GMO) PT LMS SuyitnoGeneral Manager Operasional (GMO) PT LMS Suyitno Foto: Sudirman Wamad
Suyitno menjelaskan PT LMS biasanya mengoperasikan 12 gardu saat hari biasa. Selain menambah gardu tol, sambung dia, transaksi penggunaan tol secara keseluruhan di Cipali saat mudik lebaran nanti sudah menggunakan nontunai.

"Kita juga sudah menjamin saat arus mudik nanti transaksinya sudah elektronik. Tahun kemarin memang belum, sekarang secara keseluruhan sudah menggunakan elektronik," ujar Suyitno.


Sebanyak 78 petugas penjaga gardu tol bersiaga bertepatan momen arus mudik 2018. Selain itu, PT LMS memastikan mulai Rabu (6/6/2018) tak ada lagi proyek pengerjaan di ruas jalan Tol Cipali.

"Besok (Rabu) sudah tak ada lagi pengerjaan jalan. Tujuannya untuk memberikan keleluasaan kepada para pengguna jalan," ucap Suyitno.



Saksikan juga video: 'Kesiapan Infrastruktur Mudik Lebaran 2018'

[Gambas:Video 20detik]

(bbn/bbn)