Mudik, Seratusan Titik Putaran Arah di Pantura Cirebon Ditutup

Sudirman Wamad - detikNews
Selasa, 05 Jun 2018 00:03 WIB
Ratusan tolo untuk menutup jalur putaran arah/Foto: Sudirman Wamad
Cirebon - Polres Cirebon menyiapkan ratusan tolo-tolo untuk menutup putaran arah yang ada di sepanjang jalur pantura Kabupaten Cirebon. Penggunaan tolo-tolo tersebut bertujuan untuk menghindari terjadinya kecelakaan lalulintas saat arus mudik nanti.

Kanit Dikyasa Sat Lantas Polres Cirebon Ipda Sigiharto menyebutkan pihaknya menyediakan 600 tolo-tolo untuk menutup putaran arah. Di sepanjang jalur pantura Cirebon, dikatakan Sugiharto terdapat 197 putaran arah.

"Titik-titik putaran arah yang akan ditutup disesuaikan dengan perintah kapolres. Selain tolo-tolo, kita juga siapkan 252 trailing, dan 200 bambu," kata Sugiharto kepada detikcom di Mapolres Cirebon, Senin (4/6/2018) sore.

Sugiharto tak menampik masih ada beberapa pelanggaran lalulintas, seperti menerobos tolo-tolo demi bisa berputar arah. Padahal, lanjut dia, hal tersebut selain membahayakan diri sendiri, juga membahayakan pengendara lain yang melintas.

Guna mengantisipasi adanta masyarakat yang memaksa menerobos tolo-tolo, Polres Cirebon mengubah ukuran tolo-tolo menjadi lebih besar. "Sekarang bawahnya dicor, lebih berat dan besar. Ini agar tidak bisa diangkat masyarakat yang ingin maksa putar arah," katanya.

Polisi juga mengimbau agar pengendara tidak memaksa menerobos pembatas jalur putaran arah. Ia mengatakan rencananya penutup putar arah itu akan dipasang hingga H-10 Lebaran. "Tapi kita tetap nunggu perintah kapolres. Kita mengimbau agar pengendara tetap tertib, jangan maksa menerobos, demi kenyamanan dan ketertiban berlalulintas," katanya.

(ern/ern)