Ayam Beku Pemkot Bandung Serupa dengan Restoran Cepat Saji

Tri Ispranoto - detikNews
Rabu, 30 Mei 2018 14:28 WIB
Daging ayam beku. (Foto: Tri Ispranoto/detikcom).
Bandung - Pjs Wali Kota Bandung Muhamad Solihin memastikan daging ayam beku yang dijual di hampir seluruh pasar Kota Bandung aman dan halal untuk dikonsumsi. Hal itu dipastikan setelah Dirut PD Pasar, Dispangtan dan Disgag Kota Bandung melihat langsung ke lokasi pemotongan ayam yang berada di luar Kota Bandung.

"Saya pastikan ini masih fresh. Tapi karena setiap hari dilakukan pemotongan dan jumlahnya ribuan, otomatis harus didinginkan (beku)," ujar Solihin usai peluncuran daging ayam beku di Pasar Astanaanyar, Kota Bandung, Rabu (30/5/2018) siang.

Menurut Solihin, kalau proses pembekuan tidak dilakukan, kualitas ayam akan menurun dan bahkan relatif cepat rusak saat dibiarkan kena udara terbuka. "Jadi mau tidak mau harus didinginkan. Sampai ke Kota Bandung dalam kondisi dingin dan bersih," katanya.


Disinggung soal kualitas ayam yang sudah diolah, Solihin memastikan hal itu tidak akan mengubah rasa seperti daging ayam potong yang dijual secara umum.

"Produk ini kan juga menyuplai ke McD dan KFC. Jadi tidak ada bedanya. Kan kalau kita makan di sana (McD dan KFC) sama rasanya," ucap Solihin.

Ayam Beku Pemkot Bandung Serupa dengan Restoran Cepat SajiOperasi pasar penjualan daging ayam belu di Kota Bandung. (Foto: Tri Ispranoto/detikcom).
Senada dengan Solihin, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung Elly Wasliah menjamin daging ayam beku dijamin halal, aman dan tetap enak dikonsumsi oleh warga.

Elly mengatakan selain untuk mengendalikan harga, keberadaan ayam beku ini sebagai sosialisasi dan pembelajaran terhadap masyarakat. Sebab di luar negeri konsumsi daging dalam kondisi beku adalah hal yang wajar.

"Ini tentu lebih sehat karena kan prosesnya di bawah minus 40 derajat jadi bakteri sudah mati, daging juga akan terasa lebih empuk dan tentunya dijamin halal," katanya.

Meski begitu Elly mengakui masih ada kelemahan dari daging ayam beku tersebut. Sebab ayam beku tidak bisa langsung dimasak karena harus menunggu hingga es mencair. "Dan itu membutuhkan waktu dan proses lagi," ujar Elly.

Ayam Beku Pemkot Bandung Serupa dengan Restoran Cepat SajiPjs Wali Kota Bandung Muhamad Solihin dan Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung Elly Wasliah saat peluncuran daging ayam beku. (Foto: Tri Ispranoto/detikcom).
(bbn/bbn)