Pemkot Bandung Mulai Jual Ayam Beku Rp 22,5 Ribu per Ekor

Tri Ispranoto - detikNews
Rabu, 30 Mei 2018 13:35 WIB
ayam beku/Foto: Tri Ispranoto
Bandung - Pemkot Bandung hari ini, Rabu (30/5/2018), mulai mendistribusikan daging ayam dalam kondisi beku ke semua pasar yang ada di Kota Bandung. Harga daging ayam dibanderol mulai harga Rp 22,5 ribu per ekor hingga Rp 33 ribu per ekor tergantung bobot.

Pjs Wali Kota Bandung Muhamad Solihin mengatakan penjualan daging ayam beku diharapkan bisa menyaingi daging ayam potong biasa yang kini harganya meroket hingga Rp 37-40 ribu per kilogram.

"Dengan launching sekarang ini diahrapkan harga bisa terkendali dan sampai ke masyarakat maksimal dengan harga Rp 33 ribu," ujar Solihn di Pasar Astanaanyar, Kota Bandung, Rabu siang.

Solihin menjelaskan saat ini ayam beku tersebut sudah mulai didistribusikan di hampir seluruh pasar Kota Bandung terutama yang terafiliasi ke PD Pasar Bermartabat Kota Bandung dengan ketersediaan 33 ribu ekor ayam beku per hari.

Menurut Solihin ketersediaan tersebut bisa saja ditambah jika nantinya ada permintaan lebih dari masyarakat. Rencananya ayam beku tersebut dijual mulai hari ini hingga tujuh hari setelah lebaran 2018.

"Sebenarnya tidak ada batasan (pembelian), tapi tentu dengan jumlah wajar. Karena tidak mungkin warga beli ratusan atau ribuan (ekor). Tetap itu d bawah kendali PD Pasar," katanya.

Pantauan detikcom daging ayam beku tersebut dikemas per ekor dalam satu plastik. Setiap plastik berisi daging ayam beku dengan bobot mulai 0,6-0,7 kg dengan harga Rp 22,5 ribu hingga 1 kg dengan harga Rp 33 ribu.

Ayam beku tersebut dijual dalam kondisi utuh tanpa kepala, kaki dan jeroan. Selain itu ayam juga dijual secara utuh alias tidak dipotong-potong seperti membeli di pedagang biasa.

(avi/avi)