DetikNews
Selasa 29 Mei 2018, 13:13 WIB

Fluktuasi Harga Daging Ayam Masih Jadi PR Mendag

Sudirman Wamad - detikNews
Fluktuasi Harga Daging Ayam Masih Jadi PR Mendag Mendag cek harga ayam di pasar/Foto: Sudirman Wamad
Cirebon - Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita sidak ke pasar tradisional Kramat dan Kanoman Kota Cirebon.

Di dua pasar tradisional itu Enggar mengecek kestabilan harga komoditas bahan pokok. Enggar mengatakan secara keseluruhan harga komoditas bahan pokok di Kota Cirebon masih stabil. Bahkan, sejumlah bahan pokok yang sebelumnya mengalami kenaikan kini mulai turun kembali, seperti daging ayam.

"Di sini daging ayam mengalami penurunan, sebelumnya itu Rp 40.000 per kilogramnya. Sekarang sudah Rp 36.000 per kilogramnya. Kami upayakan terus menurunkan lagi," kata Emggar usai sidak di Pasar Kanoman Kota Cirebon, Jawa Barat, Selasa (29/5/2018).

Lebih lanjut, Enggar mengatakan pihaknya akan terus menjaga ketersediaan bahan pokok di pasar-pasar. Tujuannya untuk menjaga kestabilan harga. Selain itu, Enggar juga menginstruksikan pemerintah daerah untuk terus aktif dalam memantau harga kebutuhan pokok di pasar.

"Pasokannya dijaga agar harganya stabil. Kemudian, dinas perindustrian dan perdagangan juga harus memastikan ke pasar-pasar agar tidak ada kenaikan harga," ucap Enggar.

Lebih lanjut, Enggar mengaku masih memiliki pekerjaan rumah (PR) untuk terus menurunkan harga daging ayam. Pihaknya akan meminta perusahaan-perusahaan besar untuk membantu ketersediaan daging ayam di pasar.

"Semua harga, seperti gula, beras, telur, daging sapi semuanya aman. Tinggal daging ayam. Sebelumnya ada kebijakan perusahaan besar tidak boleh menyuplai ke pasar, sekarang kita minta untuk ikut menstabilkan harga. Lebaran dijamin harga stabil semua, jangan khawatir," kata Enggar.
(avi/avi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed