DetikNews
Jumat 25 Mei 2018, 19:34 WIB

Momen Mensos Dipeluk Orang Gangguan Jiwa di Sukabumi

Syahdan Alamsyah - detikNews
Momen Mensos Dipeluk Orang Gangguan Jiwa di Sukabumi Foto: Syahdan Alamsyah
Sukabumi - Ada pemandangan menarik saat kedatangan Menteri Sosial (Mensos) Idrus Marham ke Panti Aura Welas Asih, Sukabumi, Jawa Barat. Idrus mendapat pelukan hangat, doa dan pijatan dari pasien Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Peristiwa itu terjadi saat Idrus tengah melihat-lihat area ruangan panti, tiba-tiba salah satu ODGJ yang posisi kakinya dirantai berdiri spontan dan memeluk mensos Idrus. Pelukan tersebut mendapat sambutan Idrus.

Deni Solang pengelola panti yang ikut mendampingi Idrus sempat terlihat panik saat peristiwa itu terjadi namun Idrus langsung memberi kode agar membiarkan ODGJ itu memeluknya.

"Saya doakan pak menteri sehat, banyak rezekinya dan sering-sering melihat kami di tempat ini," kata ODGJ yang belakangan diketahui bernama Heru tersebut.

Usai berpelukan dengan Heru, Idrus lalu meninjau ruangan perawatan pasien ODGJ. Lagi-lagi tindakan spontan dilakukan seorang pasien yang berada dari balik jeruji yang langsung memijat kaki Idrus dan dia pun membiarkan kakinya dipijat.

"Iya terimakasih dipijitin, tapi jangan keras-keras nanti sebelum lebaran nanti saya kirim baju muslim ya nanti minta saja ke Pak Deni," ucap Idrus.

Deni Solang mengaku sempat panik saat mensos tiba-tiba dipeluk oleh pasien pantinya. Deni menceritakan jika Heru yang biasa dipanggil Habib itu adalah pasien yang sengaja dirantai karena membahayakan pasien lainnya.

"Pak heru di panti baru 4 hari, beliau ini dikenal galak dan suka memukul penghuni panti. Makanya ditempatkan di ruang berbeda, saya sudah was-was ketika Pak Mensos ke lokasi itu, tapi Alhamdulillah enggak sampai kenapa-kenapa hanya di peluk dan malah didoakan," terang Deni.
(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed