DetikNews
Jumat 25 Mei 2018, 15:41 WIB

Cerita Warga Baleendah Lihat Buaya Berjemur di Sungai Cisangkuy

Wisma Putra - detikNews
Cerita Warga Baleendah Lihat Buaya Berjemur di Sungai Cisangkuy Buaya yang gegerkan warga Baleendah. (Foto: Istimewa)
Kabupaten Bandung - Dalam video berdurasi 2 menit 5 detik ini seekor buaya muncul di aliran air Sungai Cisangkuy. Lalu satwa itu naik ke batu yang ada di bawah jembatan Rencong untuk berjemur. Bagaimana ceritanya warga melihat momen tersebut?

Jumat (25/5/2018) siang, detikcom mendatangi lokasi penampakan buaya di Kampung Rencong, Desa Malakasari, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Warga setempat menyebut buaya itu sudah tidak terlihat lagi di Cisangkuy.

"Buaya nya sudah tidak ada," kata Cecep (45).


Dari informasi yang dihimpun, buaya itu pertama kali diketahui warga pada Senin (21/5) sore, lalu muncul kembali dua hari berturut atau Selasa (22/5) dan Rabu (23/5).

Kemunculan buaya tersebut menggegerkan warga sekitar setelah videonya viral di media sosial (medsos). Cecep mengaku menyaksikan langsung kehadiran buaya yang tengah berjemur.

"Buaya muncul dari aliran air sungai dan naik ke batu (lalu berjemur)," ujarnya.

Cecep bekerja sopir ojek di dekat Jembatan Rencong ini mengungkapkan pertama melihat buaya itu ialah seorang ibu dan anaknya yang tengah berjalan di jembatan. Suasana mendadak heboh. Sejumlah sopir ojek pangkalan di area tersebut turut melihat buaya tersebut.

Menurutnya, usai naik ke atas batu dan menjadi perhatian banyak warga, buaya itu kembali masuk ke aliran air. Soal siapa perekam buaya yang videonya tersebar di medsos, Cecep tidak mengetahuinya.

"Banyak orang yang lihat (buaya itu) juga," kata Cecep.


Warga lainnya, Dadang Baret (49), menjelaskan selain muncul di batu yang berada di bawah jembatan, hewan tersebut sempat muncul di tembok penahan tanah.

"Kepalanya muncul di tembok yang retak itu. Munculnya beberapa kali," kata Dadang.

Kehebohan berlanjut pada Kamis (24) sore, warga Baleendah lainnya yang berada di Kampung Jambatan, Kelurahan Andir, mengaku melihat buaya di Sungai Citarum. Namun belum ada yang dapat memastikan, apakah buaya yang muncul di Kampung Rencong dan Kampung Jambatan ini sama atau tidak.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed