DetikNews
Senin 21 Mei 2018, 17:12 WIB

Berbuka di Warung Sedekah Sagaluh Ciamis, Bayar Seikhlasnya

Dadang Hermansyah - detikNews
Berbuka di Warung Sedekah Sagaluh Ciamis, Bayar Seikhlasnya Foto: Dadang Hermansyah
Ciamis - Para pecinta dan aktivis sepakbola di Kabupaten Ciamis punya cara tersendiri untuk memeriahkan bulan Ramadan. Sagaluh FC dan komunitas Football Boots Indonesia Ciamis membuka Warung Sedekah Sagaluh. Di warung ini masyarakat bisa makan sepuasnya bayar seikhlasnya.

Warung dadakan ini digelar sejak Sabtu sore (19/5/2018) menjelang berbuka di halaman Stadion Galuh Kabupaten Ciamis. Namun mulai Senin sore (21/5/2018) warung sedekah sagaluh pindah tempat ke GR Futsal Jalan Stasiun Ciamis. Rencananya warung akan dibuka setiap hari sampai 20 hari ke depan.

"Kami menyediakan kotak amal untuk tempat sedekah, jadi setelah makan berapapun uang yang dibayarkan asalkan ikhlas dimasukan ke dalam kotak amal sebagai sedekah," ujar Ari Jumari sebagai koordinator warung sedekah sagaluh saat ditemui di lokasi Jalan Stasiun Ciamis Senin (21/5/2018).

Setiap hari warung hanya menyediakan 70 porsi dengan sistem kupon. Bagi warga yang akan berbuka puasa di tempat makan disediakan 50 porsi. Sedangkan 20 porsi sisanya bisa dibungkus atau dibawa pulang.

Berbuka di Warung Sedekah Sagaluh Ciamis, Bayar SeikhlasnyaFoto: Dadang Hermansyah

Hadirnya warung sedekah sagaluh ini terselenggara atas kerjasama dengan rumah makan yang ada di Ciamis, yakni RM Cobek Beti dan RM Mirah. Dengan menu yang disajikan khas seperti pepes ikan, ayam, ayam bakar, lalap, sambal, sayur, telur balado dan timbel. Setiap hari menu yang disajikan akan berbeda-beda.

"Hasil sedekah yang terkumpul dari yang beli nantinya akan diserahkan ke panti asuhan. Tujuannya intinya hanya untuk beramal pada bulan ramadan ini," katanya.

Mayarti, Seorang warga Ciamis yang kebetulan ikut mengunjungi warung sedekah sagaluh mengatakan kegiatan para anak-anak muda sangat baik. Selain membantu orang yang berpuasa untuk buka dengan membayar seikhlasnya. Juga hasilnya akan disumbangkan untuk panti asuhan.

"Warung ini sangat bagus, jadi bukan menjual ini namanya beramal," katanya.
(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed