DetikNews
Senin 21 Mei 2018, 17:13 WIB

Drainase di Jalur Bandung-Garut Tuntas Sebelum Arus Mudik

Wisma Putra - detikNews
Drainase di Jalur Bandung-Garut Tuntas Sebelum Arus Mudik Pembangunan pelebaran saluran air di jalur Bandung-Garut. (Foto: Wisma Putra/detikcom).
Kabupaten Bandung - Jalur tengah Bandung-Garut menjadi akses utama setiap musim arus mudik Lebaran. Ruas jalan ini dilintasi kendaraan pemudik asal dari Jabotabek menuju Garut, Tasikmalaya dan sekitarnya. Bagaimana situasi jalur ini menghadapi mudik Lebaran 2018?

Pantauan detikcom, Senin (21/5/2018) siang, sepenggal jalur Bandung-Garut masih ada proyek pembangunan pelebaran drainase. Lokasi tepatnya di depan kawasan PT Vonek, Kabupaten Bandung dan PT Kuwalram, Kabupaten Sumedang.

Hingga kini pembangunan pelebaran saluran air itu terus dikebut pengerjaannya. Puluhan pekerja sibuk memasang besi beton dan meratakan coran.

Belum seluruhnya saluran air berbahan beton bertulang berbentuk huruf U (U-Ditch) ini terpasang. Hal tersebut terlihat karena masih ada pengerukan tanah yang dilakukan kendaraan alat berat.

Pelebaran drainase ini bertujuan menangani banjir yang kerap melanda jalur Bandung-Garut. Pada Kamis 26 April 2018, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau proyek pembangunan pelebaran saluran air di kawasan tersebut.

Drainase di Jalur Bandung-Garut Tuntas Sebelum Arus MudikPekerja meratakan coran. (Foto: Wisma Putra/detikcom).
Kasatlantas Polres Bandung AKP Doni E Wicaksono menjelaskan saat kunjungan Menteri PUPR waktu itu dijelaskan bahwa proyek perbaikan drainase ini harus selesai sebelum arus mudik-balik Lebaran 2018.

"Sebelum tanggal lima (Juni), sudah selesai," kata Doni via sambungan telepon.

Menurut dia, pengerjaan pelebaran drainase di depan PT Vonek atau PT Kuwalram yang masuk ke Kabupaten Sumedang, mesti rampung tepat waktu. Apakah sesuai target dapat tuntas pada 5 Juni mendatang, pihaknya tidak dapat memastikan karena seluruh pekerjaan dilakukan oleh Kementerian PUPR.

"Sebelum operasi (Ketupat) harus selesai," ujar Doni.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed