DetikNews
Kamis 17 Mei 2018, 14:51 WIB

Rumah Zakat Siapkan Program Janda Berdaya di Bulan Ramadan

Tri Ispranoto - detikNews
Rumah Zakat Siapkan Program Janda Berdaya di Bulan Ramadan Suasana jumpa pers/Foto: Tri Ispranoto
Bandung - Pada Bulan Ramadan 1439 Hijriah ini Rumah Zakat telah menyiapkan program Ramadan Berdaya yang akan menyasar masyarakat di pedesaan mulai dari Aceh hingga Papua.

CEO Rumah Zakat Nur Efendi mengatakan kegiatan tersebut akan dilakukan melalui enam program yakni pendistribusian 124 ribu paket buka puasa, 14.300 paket kado lebaran yatim, 6.200 bingkisan lebaran keluarga, 8.850 paket syiar Alquran, 300 penerima manfaat janda berdaya dan pembebasan hutang bagi warga yang terjerat rentenir.

"Program bebas rentenir ini didasari oleh banyaknya masyarakat yang terlilit hutang untuk kebutuhan mendasar seperti pendidikan, kesehatan dan kebutuhan pokok. Ini yang akan kita bebaskan," ujar Nur saat pres rilis di Kantor Rumah Zakat, Jalan Turangga, Kota Bandung, Kamis (17/5/2018).

Program yang akan disalurkan melalui Desa Berdaya ini sudah dikoordinasikan dengan tiga kementerian yakni Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi juga Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional.

"Tujuan program Ramadan Berdaya ini adalah untuk memberikan kebahagiaan bagi para penerima manfaat yang ada di Desa Berdaya. Kita harap ini jadi penyemangat bagi warga desa agar menjadi mandiri dan berdaya," katanya.

Desa Berdaya binaan Rumah Zakat hingga April 2018 sudah mencapai 1.118 desa yang tersebar di 191 kota/kabupaten mulai dari Aceh hingga Papua. Pada akhir tahun ini Rumah Zakat berkomitmen untuk mengembangkan Desa Berdaya hingga mencapai 1.234 desa.

"Kita pilih desa karena sebagian besar kemiskinan terjadi di sana. Sehingga dengan langsung menyentuh titik permasalahan itu kita bisa berkontribusi untuk mengatasi ketimpangan yang ada," ucapnya.

Terima WTP 12 Kali Berturut-turut

Di awal Bulan Ramadan ini Rumah Zakat kembali mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) melalui laporan keuangan tahun 2017 lalu. Opini tersebut merupakan yang ke-12 kalinya secara berturut-turut.

"Ini adalah bagian dari transparansi. Kita ingin ada report terhadap publik," ujarnya.

Selama tahun 2017 Rumah Zakat telah membukukan lebih dari 217 ribu donatur dengan nilai donasi mencapai Rp 225 miliar. Jumlah tersebut telah disalurkan pada 1.056 Desa Berdaya yang tersebar di 172 kota/kabupaten dengan jumlah penerima 1.621.982 orang melalui berbagai program.
(avi/avi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed