DetikNews
Rabu 16 Mei 2018, 10:49 WIB

Pasca Debat, Ridwan Kamil: Kata Survei, Nilainya Paling Tinggi

Hakim Ghani - detikNews
Pasca Debat, Ridwan Kamil: Kata Survei, Nilainya Paling Tinggi Ridwan Kamil di Garut/Foto: Hakim Ghani
Garut - Calon Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengklaim jika ia dan pasangannya Uu Ruzhanul Ulum menjadi yang terbaik saat debat kandidat Pilgub Jabar kedua yang berlansung Senin (14/05) malam. Emil menyebut hal tersebut berdasarkan hasil survei.

"Pasangan nomor urut satu mah evaluasinya paling mantap. Paling jelas visi-misinya, tidak emosian, tidak terpancing. Sehingga menurut survei, pasangan kami yang nilainya paling tinggi," ungkap Emil kepada wartawan di Pasar Ceplak Garut, Jalan Siliwangi, Kecamatan Garut Kota, Selasa (15/05/18) malam.

Ketika ditanya wartawan terkait jalannya debat, Emil mengatakan ada pasangan calon gubernur lainnya yang 'mancing-mancing'. Namun pertanyaan yang diajukan bukan terkait Jawa Barat, melainkan permasalahan Kota Bandung.

"Ada (yang mancing), semuanya mancing ke Bandung. Jadi siga (debat) pilwalkot eta mah lain pilgub (Jadi seperti pilwalkot bukan pilgub). Karena harusnya kita bicara tentang Jawa Barat, gagasan, bukan tentang Bandung," kata Emil.

Sementara itu, menanggapi kerusuhan yang terjadi di akhir debat kandidat tersebut, Emil mengaku sangat menyayangkan kejadian tersebut. Menurutnya, Pilgub Jabar harus berjalan dengan damai.

"Ya saya menyesalkan, harusnya Pilkada Jawa Barat ini kan damai, inspiratif, kreatif, maka kericuhan yang disebabkan aksi (paslon) nomor 3 saya serahkan ke Bawaslu. Biar Bawaslu yang menentukan apakah ada pasal-pasal yang dilanggar atau tidak," katanya.

Berkaca pada kejadian tersebut, Emil menyarankan agar KPU sebagai penyelenggara dapat lebih memperketat aturan-aturan saat debat berlansung.

"Buat KPU, jadi memastikan ada aturan lebih ketat. Jangan ada dadakan-dadakan yang menimbulkan tafsir," katanya.

"Kan kemarin ditafsir, satu bilang oke, yang grup lain menafsirkan itu melanggar. Karena pilpres belum hadir kan. Saya kira itu jangan sampai KPU dipermalukan, tiap debat parasea (berantem). Kan jadi jelek wajah Jawa Barat," pungkas Emil.


Tonton juga video "Visi-Misi Kang Emil soal Kerusakan SDA 'Dijegal' Para Lawan"

[Gambas:Video 20detik]


(avi/avi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed