DetikNews
Selasa 15 Mei 2018, 21:45 WIB

Saat Petugas Blusukan Buru Tenaga Asing Ilegal di Sukabumi

Syahdan Alamsyah - detikNews
Saat Petugas Blusukan Buru Tenaga Asing Ilegal di Sukabumi Petugas menyisir bagian luar pabrik untuk mencari tenaga kerja asing ilegal. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom).
Sukabumi - Operasi senyap digelar Kantor Imigrasi Kelas II Imigrasi Sukabumi dan Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) ke sejumlah pabrik. Mereka memburu tenaga kerja asing (TKA) ilegal. Selain mengecek di dalam ruang kerja, petugas mencari TKA ke area kebun belakang pabrik.

Tim gabungan yang menggelar operasi pengawasan di salah satu pabrik di Kecamatan Parungkuda, Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (15/5/2018) tiba-tiba memecah barisan. Ada lima orang anggota Timpora menyusuri bagian belakang pabrik dan masuk ke tanah lapang.


Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian (Wasdakim) Imigrasi Sukabumi Zulmanur Arif menjelaskan proses pencarian itu sudah prosedur pengawasan. Sebab, sambung Zulmanur, kerap ditemukan TKA bersembunyi saat melihat kedatangan petugas.

"Sering ada kendala, seperti dilihat sendiri tadi meskipun kita gabungan pelaksanaan di lapangan tidak mudah. Kadang untuk menembus gerbang depan (pabrik) saja sudah dihalang-halangi padahal kita sudah memperlihatkan surat tugas," kata Zulmanur usai melaksanakan operasi senyap.

Saat Petugas Buru Tenaga Kerja Asing Ilegal di SukabumiPetugas menyusuri area kebun dan lapangan di bagian belakang pabrik untuk mencari tenaga kerja asing ilegal. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom).
Hambatan lainnya saat WNA kucing-kucingan dengan petugas. Kalaupun tim dapat ke dalam area pabrik, menurut Zulmanur, selalu saja ada yang menghalang-halangi petugas untuk masuk ke ruang produksi atau area lainnya.

"Alasannya (tak boleh masuk) beragam, salah satunya untuk keamanan. Jadi kita tidak sembarangan masuk. Tapi karena pengawasan harus menyeluruh. Terlebih ada informasi dari masyarakat kepada anggota Timpora soal sering ada WNA bersembunyi ketika melihat petugas, akhirnya kita blusukan sampai area belakang pabrik," tutur Zulmanur.

Kantor Imigrasi Kelas II Sukabumi bersama tim gabungan melaksanakan sidak ke tujuh pabrik di wilayah Parungkuda dan Cicurug. Tim hanya menemukan satu WNA yang diduga status kerjanya ilegal.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed