Saat Anak Penyandang Talasemia Bergembira di Trans Studio Bandung

ADVERTISEMENT

Saat Anak Penyandang Talasemia Bergembira di Trans Studio Bandung

Tri Ispranoto - detikNews
Selasa, 08 Mei 2018 15:45 WIB
Foto: Tri Ispranoto
Bandung - Sebanyak 529 anak penyandang talasemia atau thaler mengikuti Hari Talasemia Dunia dengan bermain di Trans Studio Bandung (TSB), Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung, Selasa (8/5/2018).

Anak-anak yang tergabung dalam Yayasan Thalassaemia Indonesia (YTI) Jabar itu berasal dari berbagai daerah seperti Bogor, Banjar, Subang, Cianjur, Bekasi dan Bandung Raya (Kota/Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat dan Kota Cimahi).

Ketua Panitia Asep Kusmayadi mengatakan acara tersebut adalah pucak peringatan yang sebelumnya telah digelar berbagai acara seperti screening terutama bagi pasangan yang akan melangsungkan pernikahan.

"Sekarang 8 Mei ini adalah puncaknya. Kita ingin menghibur dan membahagiakan anak-anak'" ucap Asep di TSB.

Saat Anak Penyandang Talasemia Bergembira di Trans Studio BandungFoto: Tri Ispranoto

Menurut Asep kegiatan ini juga diharapkan menjadi terapi psikologis bagi anak-anak. Sebab penyakit talasemia memiliki efek tidak hanya pada fisik tetapi juga psikikologis terutama bagi mereka yang masih anak-anak.

"Banyak kasus yang mempengaruhi psikologis mereka. Kalau dewasa itu bisa perceraian atau punya anak ditinggal begitu saja. Dan anak-anak juga sampai ada kasus yang ingin bunuh diri. Itu yang kita coba tangani," ucapnya

Selain diisi oleh acara bermain sepuasnya di semua wahana TSB, para peserta juga diberikan sajian edukasi dari para pakar. "Karena di sini mereka diantar orang tuanya, maka kita hadirkan ahli untuk memberi edukasi atau pencerahan mengenai berbagai macam permasalahan talasemia ini," katanya.

Salah seorang peserta Adrian (12) mengaku senang bisa bermain dan berkenalan bersama dengan teman-temannya sepertinya. Pelajar ini berharap kegiatan bisa terus berlanjut agar para thaler seusianya bisa termotivasi karena memiliki teman dari berbagai daerah.

"Senang bisa berkenalan dengan teman-teman dari daerah lain. Bisa saling menyemangati, mengingatkan agar tidak bosa makan obat juga. Senang pokoknya," ujar thaler asal Bogor itu.

Saat Anak Penyandang Talasemia Bergembira di Trans Studio BandungFoto: Tri Ispranoto

Dalam acara yang digelar pada Selasa siang itu anak-anak terlihat ceria dengan bermain bersama di sejumlah wahana TSB. Tidak hanya itu anak-anak juga terlarut dalam kegembiraan saat empat maskot TSB mengajak mereka bermain dan menari bersama di atas panggung.

Tidak sedikit pun wajah muram terlihat dari wajah anak-anak. Seolah mereka terhipnotis lupa akan penyakit yang hingga kini belum ada obatnya itu. (ern/ern)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT