DetikNews
Kamis 03 Mei 2018, 14:50 WIB

Stok Beras di Garut Melimpah Selama Ramadan

Hakim Ghani - detikNews
Stok Beras di Garut Melimpah Selama Ramadan Pemkab Garut memastikan stok beras aman saat bulan puasa tahun ini. (Foto: Hakim Ghani/detikcom).
Garut - Pemkab Garut menjamin persediaan beras melimpah sepanjang bulan Ramadan 2018. Bahkan produksi beras mengalami surplus sehingga bisa disalurkan ke kota lain.

Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Garut Beni Yoga Gunasantika menyatakan stok beras saat ini mencapai 117 ribu ton. Sedangkan kebutuhan beras di Garut hanya mencapai 28.287 ton per bulannya.

"Stok beras itu aman, bisa buat lima bulan ke depan," ujar Beni kepada wartawan di kantornya, Jalan Pembangunan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis (03/05/2018).


Sebanyak 117 ribu ton beras yang ada saat ini atau jelang bulan puasa, merupakan hasil panen para petani Garut pada April 2018. Sebagian petani lainnya bahkan akan kembali panen pada Mei-Juni 2018.

Beni menjelaskan angka panen tersebut surplus. Stok beras melimpah ini didistribusikan ke luar kota, seperti Bandung dan Jakarta. Namun hal itu tidak berdampak kekurangan terhadap persediaan beras di Garut.

"Beras Garut itu ada yang ke Bandung dan ke Cipinang, Jakarta," katanya.

Selain beras, beberapa komoditas sayuran seperti tomat, wortel dan cabai rawit juga dipasok ke luar kota. "Seperti cabai inul merupakan unggulan dari Garut yang biasa memasok ke luar daerah," ujar Beni.


(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed