DetikNews
Rabu 02 Mei 2018, 18:46 WIB

May Day, Buruh Tuntut Janji Ridwan Kamil-Oded M Danial

Tri Ispranoto - detikNews
May Day, Buruh Tuntut Janji Ridwan Kamil-Oded M Danial Foto: Tri Ispranoto
Bandung - Cara berbeda dilakukan seribuan buruh di Kota Bandung untuk merayakan May Day yang jatuh pada Selasa 1 Mei kemarin. Mereka berkumpul bersama dalam acara Fun Day yang digagas Pemkot Bandung. Buruh pun mengingatkan janji Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan wakilnya Oded M Danial pada buruh.

Acara May Day is a Fun Day 2018 ini, para buruh yang sudah berkumpul sejak Rabu pagi menggelar berbagai kegiatan. Aacara dibuka Pjs Wali Kota Bandung Muhamad Solihin. Selain membagikan sejumlah hadiah, acara ini juga dimeriahkan oleh penampilan band dan penyanyi lokal Bandung. Acara ditutup dengan dakwah dari dai 'kekinian' Ustaz Evie Effendi.

Ketua Serikat Buruh Seluruh Indonesia (SBSI) 1992 Kota Bandung Hermawan yang hadir di acara itu, menuntut janji wali kota untuk kesejahteraan buruh seperti bus dan perumahan khusus buruh yang hingga saat ini tidak berjalan secara optimal.

"Janji wali kota waktu itu (Ridwan Kamil) ada 12 bus buruh, tapi baru berjalan dua. Ini sudah hampir satu tahun setengah (berjalan). Jadi saya pikir harus sudah direalisasikan," ujarnya di acara May Day is a Fun Day di Arcamanik Sport Center, Kota Bandung, Rabu (2/5/2018)..

Hermawan juga menagih janji lainnya yakni realisasi tempat tinggal bagi buruh yang sudah digulirkan sejak tahun 2014 silam. Sebab hingga kini baru ada 50 unit Rusunawa yang dibuat dan hal itu masih jauh dari kata cukup karena jumlah buruh di Kota Bandung mencapai 180 ribu orang.

"Kalau sewa rumah itu bagi buruh mahal, Rp 500 ribu. Sementara kalau Rusunawa hanya Rp 125 ribu, lebih ringan. Termasuk juga soal sembako delivery belum," katanya.

Ia berharap sebelum pergantian wali kota pada September 2018 ini seluruh janji yang pernah diucapkan oleh Ridwan Kamil bisa direalisasikan dan berjalan optimal.

May Day is s Fun Day

Sementara itu saat membuka acara, Pjs Wali Kota Bandung Muhamad Solihin mengatakan setiap tahunnya perayaan May Day di Kota Bandung berjalan kondusif. Hal itu menunjukan sinergitas yang baik antara buruh, pemerintah dan aparat keamanan.

"Ini menjadi bukti sinergi yang kuat dan baik dalam memberikan kontribusi positif," ujarnya.

Menurut Solihin acara sengaja digelar pada satu hari setelah May Day karena ingin lebih memperlihatkan sisi positif dan produktif. Sebab sebelumnya para buruh sudah terlibat dalam sejumlah agenda seperti bakti social, donor darah dan membersihkan kota.

"Jadi khusus hari ini kami melalui dinas tenaga kerja hoyong ngabagjakeun, ngabubungah, para buruh," ucapnya.

Solihin menilai acara tersebut tidak hanya menjadi ajang khusus bagi buruh tapi sekaligus memperlihatkan sinergitas yang kuat dengan pengusaha. Hal itu, kata dia, terlihat dari banyaknya pengusaha yang berpartisipasi untuk memberikan hadiah seperti sepeda, barang elektronik hingga umroh.

Pihaknya berharap sinergitas yang kuat ini bisa terus dipertahankan agar memacu potensi buruh yang lebih produktif dan tetap menjaga kondusifitas dalam setiap kegiatan termasuk May Day.

"Mari kita buktikan bahwa kita memiliki SDM yang unggul dan daya saing tinggi. Mudah-mudahan kondisi seperti ini bisa ditularkan ke daerah lain. Silakan berekspresi tapi dengan cara aman dan produktif," ujarnya.
(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed