DetikNews
Senin 30 April 2018, 14:31 WIB

Keren! Sambut Piala Dunia, Kampung di Cirebon Ini Bikin Mural 3D

Sudirman Wamad - detikNews
Keren! Sambut Piala Dunia, Kampung di Cirebon Ini Bikin Mural 3D Lukisan 3D Sepak Bolah di salah satu kampung di Cirebon/Foto: Sudirman Wamad
Cirebon - TransMedia selaku pemegang hak siar Piala Dunia 2018 mengajak masyarakat Indonesia untuk menghias kampung rasa Piala Dunia. Ajakan TransMedia itu langsung disambut warga Kampung Suradinaya Selatan RW 10 Kelurahan Pekiringan, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat. Hegemoni menyambut perhelatan akbar sepak bola empat tahunan itu terasa sekali saat memasuki Kampung Suradinaya Selatan. Ada mural 3D gambar punakawan sedang bermain bola, gambar udang, ikon Kota Cirebon memainkan bola, dan lainnya.

Lurah Pekiringan Gandi mengatakan pembuatan mural 3D di kelurahannya sudah berjalan sebanyak empat kali dengan tema yang berbeda-beda. Namun, di RW 10 Kampung Suradinaya Selatan pihaknya sengaja mengambil tema Piala Dunia. Alasannya, sambung Gandi, ingin berpartisipasi dalam perlombaan yang dihelat oleh Transmedia.

"Mural yang dibuat mengambil tema kampung piala dunia, untuk menyambut gelaran Piala dunia tahun 2018. Kita mengikuti lomba menghias kampung dari TransMedia," katanya saat ditemui di lokasi, Senin (30/4/2018).

Rupanya, Gandi ingin menyelam sambil minum air. Selain mengikuti program menghias kampung yang diselenggarakan TransMedia, Kelurahan Pekiringan juga ingin menjadi sejumlah kampungnya menjadi kampung ramah anak. Lorong-lorong atau gang kampung dipercantik dengan mural 3D.

"Anggarannya dari swadaya masyarakat dan dibantu oleh sejumlah pelaku usaha. Untuk kampung Piala Dunia ini kita buat sejak Jumat kemarin, ini masih proses pengecatan," ucapnya.

Keren! Sambut Piala Dunia, Kampung di Cirebon Ini Bikin Mural 3DFoto: Sudirman Wamad


Lebih lanjut, Gandi mengatakan seluruh RW yang ada di Kelurahan Pekiringan berencana akan dihias dengan mural 3D dengan tema yang berbeda. "Saya pengen semua RW di Kelurahan Pekiringan bisa menjadi Kampung Mural 3D dengan dukungan semua masyarakat. Program ramah anak bisa sukses," tutupnya.
(avi/avi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed