DetikNews
Sabtu 28 April 2018, 18:54 WIB

Jalan Menuju Lokasi Venue MTB Asian Games di Subang Rusak Parah

Dian Firmansyah - detikNews
Jalan Menuju Lokasi Venue MTB Asian Games di Subang Rusak Parah kondisi jalan rusak/Foto: Dian Firmansyah
Subang - Persiapan menuju Asian Games 2018 yang bertuan rumah di Jakarta-Palembang masih banyak pekerjaan Rumah yang harus segera diselesaikan. Salah satunya di Venue Mountain Bike (MTB) yang akan di gelar di Kawasan Hutan di Khe Bun Hill di daerah Bunihayu, Kecamatan Jalancagak, Subang.

Saat detikcom menelusi ke lokasi venue. Di suguhkan dengan kondisi jalan yang mengalami kerusakan parah. lubang dan gelombang jalan mewarnai hampir di sepanjang jalan 3,5 kilometer dari jalan utama menuju lokasi venue.
Jalan Menuju Lokasi Venue MTB Asian Games di Subang Rusak ParahFoto: Dian Firmansyah


Lapisan aspal yang sebelumnya melekat, kini sudah hampir tak berbentuk jalan, hanya kerikil batu dan genangan air di setiap lubang yang menganga. Menurut warga sekitar, kerusakan jalan sudah terjadi sejak tiga tahun terakhir yang di akibatkan banyaknya hilir mudik truk pasir.

"Truk pasirkan berat, tiap hari lewat jadi jalan rusak," kata Ewo Warga Desa Buniayu saat di temui di depan rumahnya, Sabtu (28/04/2018).

Selain Ewo, rumah warga yang tepat berada di pinggir jalan pun mengeluhkan dengan kondisi jalan ini. Kalau musim kemarau kan panas, jadi debunya ke mana-mana. Ya karena mobil truk pasir itu," ujar Euis di lokasi jalan rusak.

Sementara itu Koordinator lapangan venue MTB, Hamzah menyayangkan jalur menuju venue perhelatan tingkat internasional tersebut banyak yang berlubang.

"Menyediakan akses masuknya itu sekitar 3.5 km, jalannya seperti begitulah, bisa ditanami ikan. Rusak," kata Hamzah saat ditemui di area venue MTB.
Jalan Menuju Lokasi Venue MTB Asian Games di Subang Rusak ParahFoto: Dian Firmansyah

Pemilihan Kabupaten Subang menjadi venue balap sepeda gunung, telah ditentukan sejak tahun 2017. Pihak panitia Asian Games, Inasgoc, serta pihak venue, kata Hamzah telah berkoordinasi dengan pemerintah Subang, maupun Pemprov Jawa Barat. Namun, tiga bulan menjelang perlombaan, kondisi jalan masih teramat rusak. Padahal, jalur yang akan digunakan untuk perlombaan telah hampir rampung.

"Sudah hampir selesai. Kan, tidak akan lama lagi, akan ada tes event juga sebelum gelaran Asian Games," ujarnya.


(avi/avi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed