DetikNews
Rabu 25 April 2018, 20:35 WIB

Ayah dan Anak Kompak Bobol Kantor Pemerintahan di Karawang

Luthfiana Awaluddin - detikNews
Ayah dan Anak Kompak Bobol Kantor Pemerintahan di Karawang Wakapolres Karawang, Kompol Ryky Widya Muharam saat memperlihatkan barang hasil kejahatan sepasang ayah dan anak/Foto: Luthfiiana Awaluddin
Karawang - Sepasang ayah dan anak tepergok sedang membobol kantor milik Pemda Karawang. Tim buser yang sedang patroli menangkap basah mereka saat mencuri sejumlah barang elektronik di kantor Korwilcam bidang pendidikan Kecamatan Tegalwaru, Selasa dini hari (17/4/2018).

"Aksi mereka tepergok petugas yang sedang melintas. Kami langsung amankan keduanya," ujar Wakapolres Karawang Kompol Ryky Widya Muharam saat jumpa pers di Mapolres Karawang, Rabu (25/4/2018).

Kedua pelaku, kata Ryky, merupakan ayah dan anak. Mereka adalah UA (55) dan YK (29). "Berdasarkan hasil pemeriksaan, komplotan ini sudah 29 kali beraksi. Mereka memang spesialis pencuri kantor dan pertokoan," kata dia.

Ryky mengungkapkan UA mengajarkan langsung YK untuk mencuri. Saat melakukan aksi terakhir mereka, YK berperan sebagai sopir. "Anaknya bersiaga di mobil. Sementara ayahnya yang mencongkel jendela. Keduanya lalu menggasak barang elektronik di TKP," kata dia.

Ayah dan anak asal Sukabumi itu kemudian berhasil membawa TV, 2 unit monitor LCD, Printer, infokus dan sepaket speaker. "Mereka berhasil memasukkan semuanya ke dalam mobil. Saat tepergok mereka hendak berangkat kabur ke arah Bogor," ungkap Ryky.

Polisi menembak kaki sang ayah, karena berusaha melarikan diri. Polisi menjerat keduanya pasal 363 KUHP ayat 1, 4 dan 5. "Ancaman hukuman mereka 7 tahun penjara," kata Ryky.
(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed