detikNews
Selasa 24 April 2018, 10:38 WIB

Beredar Ajakan Try Out SBMPTN Gratis Paslon Sudrajat-Syaikhu

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Beredar Ajakan Try Out SBMPTN Gratis Paslon Sudrajat-Syaikhu Foto: Istimewa
Bandung - Pasangan calon (paslon) Pilgub Jawa Barat Sudrajat-Ahmad Syaikhu menggelar try out Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Bolehkah?

Banner kegiatan tersebut tersebar melalui aplikasi perpesanan WhatsApp pada Selasa (24/4/2018) pagi.

Dalam selebaran tersebut tertulis "Try Out Akbar SBMPTN Online Seluruh Indonesia 2018". Kegiatan tersebut dibagi ke dalam dua sesi. Sesi pertama dilakukan pada 28 April 2018 dan sesi dua dilakukan 5 Mei 2018.

Dalam banner itu juga disebutkan mekanisme mengikuti try out tersebut. Peserta diharuskan mengunjungi terlebih dahulu laman www.journal-academy.com dengan rekomendasi browser Mozilla Firefox dan UC Browser versi terbaru.

Dari laman tersebut nanti, peserta akan melakukan registrasi diri dan memasukan kode unik. Setelahnya, laman try out dapat diakses peserta. Dalam selebaran juga disebutkan durasi pengerjaan dilakukan selama 105 menit.

Penyelenggara juga nampaknya menyiapkan hadiah bagi para peserta. Dalam selebaran itu, tiga pemenang dengan nilai tertinggi, bisa mendapatkan buku pintar SBMPTN.

Pada bagian bawah selebaran, tertera foto paslon pasangan Sudrajat-Syaikhu lengkap dengan nomor urut '3' pasangan itu.

Detikcom mencoba menghubungi nomor telepon yang tertera dalam selebaran itu. Melalui pesan singkat, panitia menyebutkan mekanisme mengikuti try out itu.

"Silakan register di www.journal-academy.com,lalu konfirmasi ke nomor ini nama,alamat email dan no hp,asal sekolah. Nanti hr H akan otomatis bisa ikut TO (Try Out).Gratis," tulis panitia yang dihubungi detikcom.

Sementara itu, Bawaslu Jabar belum bisa berkomentar banyak terkait selebaran tersebut.

"Nanti ya saya obrolkan dulu dengan kawan-kawan Bawaslu Jabar," ucap Koordinator Divisi Hukum Bawaslu Jabar Yusuf Kurnia saat dikonfirmasi via pesan singkat.
(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed