DetikNews
Sabtu 21 April 2018, 10:54 WIB

Viral Video Macan Kumbang Muncul di Kamojang, Ini Faktanya

Wisma Putra - detikNews
Viral Video Macan Kumbang Muncul di Kamojang, Ini Faktanya Foto: Istimewa
Kabupaten Bandung - Beredar di media sosial video kemunculan Macan Kumbang yang disebut-sebut berada di Kawasan Kamojang, lokasi yang berbatasan antara Kabupaten Bandung dan Garut. Apakah benar?

Video kemunculan macan itu berdurasi satu menit 18 detik. Macan kumbang itu berada di atas pipa, yang diduga di kawasan PLTP Kamojang, Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung. "Info dari temen. Hati2 yang mau riding ke Kamojang dari Arah Garut. Macan Kumbang, Macan tutul pada turun Gunung sudah dua hari ini," kalimat broadcast yang melengkapi video tersebut.

Viralnya video tersebut membuat warga resah dan menjadi bahan perbincangan di salah satu group medsos WhatsApp.

Redaksi mencoba mengkonfirmasi pihak kepolisian. Kapolsek Ibun Iptu Asep Dedi memastikan macan kumbang di video itu bukan berada di kawasan Kamojang. Ia mengaku sudah berkoordinasi dengan pihak Perhutani dan juga Pertamina.

"Intinya setelah kami cek dan lakukan koordinasi dengan pihak security Pertamina Kamojang dan pihak Perhutani, bahwa sudah dapat dipastikan itu bukan di Ibun," katanya via telepon, Sabtu (21/4/2018).

Asep menjelaskan dilihat dari pipa yang berada di video dengan pipa milik Pertamina di Kamojang berbeda. "Pipa yang kecil, untuk di Kamojang dicat hijau, sementara di video itu tidak ada catnya," ujarnya.

Selain itu, jalan raya di Kamojang memiliki marka jalan berwana putih, sementara di video tidak terlihat marka jalan.

Asep mengimbau kepada warga untuk tetap tenang dan tidak waswas "Khususnya bagi warga yang akan melewati daerah Kamojang tidak perlu waswas karena itu bukan di area Kamojang," ujarnya.

Kapolsek menegaskan anggotanya dan Satpol PP rutin melakukan pemantauan di sekitar PLTP Kamojang. "Kalau memang warga menemukan atau khawatir silahkan melaporkan," ungkapnya.

Sementara itu dari penelusuran di YouTube, video persis sama yang tersebar saat ini pernah diunggah pada Tahun 2011 lalu. Tertulis di keterangan video tersebut, macan muncul di kawasan Gunung Salak, Sukabumi.
(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed