DetikNews
Jumat 20 April 2018, 11:58 WIB

Sebagian Besar SMP di Garut Masih Laksanakan UN Berbasis Kertas

Hakim Ghani - detikNews
Sebagian Besar SMP di Garut Masih Laksanakan UN Berbasis Kertas Foto: Hakim Ghani
Bandung - Sebanyak 646 sekolah menengah pertama (SMP) sederajat di Kabupaten Garut siap melaksanakan Ujian Nasional (UN). Kebanyakan masih melaksanakan UN berbasis kertas.

646 sekolah itu terdiri dari 366 SMP dan 280 Madrasah Tsanawiyyah (MTs). Dari jumlah tersebut, ada 573 sekolah yang melaksanakan UN berbasis kertas.

"Ada 327 SMP dan 246 MTs yang melaksanakan ujian berbasis kertas. Sisanya, sebanyak 39 SMP dan 34 MTs melaksanakan UN berbasis komputer," kata Kabid SMP Disdik Garut Totong kepada wartawan di kantornya, Jalan Pembangunan, Tarogong Kidul, Jumat (20/04/18) dini hari.

Untuk menunjang kegiatan UN berbasis kertas, ribuan soal dan kunci jawaban telah didistribusikan. Soal dan lembar jawaban saat ini disimpan di kantor Dinas Pendidikan Garut.

Totong menjelaskan pelaksanaan UNBK di Garut dilaksanakan khususnya di sekolah-sekolah yang berada di wilayah perkotaan Garut. Jaringan internet dan sumber daya manusia (SDM) masih menjadi kendala dalam pelaksanaan UNBK di Garut.

"Tapi alhamdulillah, setiap tahunnya sekolah yang melaksanakan UNBK terus bertambah. Tahun lalu hanya 3 persen (dari 646 sekolah), sekarang menjadi 15 persen. Salah satu solusinya adalah penggabungan dengan SMA/SMK, kemudian digenjot mandiri artinya kita juga perkuat penambahan komputer," katanya.

"Kita berharap tahun depan peningkatannya bisa mencapai 50 persen sekolah yang melaksanakan UNBK di Garut," pungkasnya.


(avi/avi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed