DetikNews
Kamis 19 April 2018, 21:06 WIB

Pilwalkot Bandung 2018

Yossi Irianto Luncurkan Program Apartemen Cicilan Rp 6 Ribu

Tri Ispranoto - detikNews
Yossi Irianto Luncurkan Program Apartemen Cicilan Rp 6 Ribu Yossi Irianto saat luncurkan program Sakura. (Foto: Tri Ispranoto/detikcom).
Bandung - Calon Wali Kota Bandung Yossi Irianto meluncurkan program Saung Kuring Nyalira atau Sakura saat kampanye Pilwalkot Bandung 2018 di daerah Kelurahan Dungus Cariang, Kecamatan Andir, Kota Bandung.

Yossi menjelaskan program tersebut merupakan bagian dari upaya meningkatkan daya beli masyarakat sekaligus menciptakan iklim smart city dan smart government melalui pendekatan teknologi.

"Berkaitan dengan kemiskinan, kita hari ini me-launching hunian layak untuk masyarakat berpenghasilan rendah atau miskin," ujar calon nomor urut dua itu, Kamis (19/4/2018).


Melalui Sakura, kata Yossi, siapa pun warga yang memiliki KTP Kota Bandung dengan penghasilan rendah atau masuk kriteria miskin bisa mendapatkan hunian berupa apartemen atau rumah susun.

"Sakura ini salah satu cara Bandung Hebring (Hebat dan Ringkas) hadir di tengah masyarakat untuk memberi solusi," katanya.

Nantinya warga yang ingin memiliki apartemen tersebut bisa membayar cicilan sekaligus DP Rp 1,25 juta per bulan. Sementara bagi warga yang tidak mampu membeli akan diberi pilihan membayar sewa sebesar Rp 6 ribu per hari.

"Kalau kita kontrak di Bandung bisa satu hingga dua juta rupiah per bulan. Logikanya mending buat nyicil 1,25 juta rupiah per bulan selama 20 tahun menjadi hak milik atau sewa per hari enam ribu rupiah," ujar Yossi.


Sejauh ini Yossi memastikan program Sakura telah melalui kajian yang matang sehingga bisa direalisasikan dengan cepat. Terlebih selama ini masih banyak aset Pemkot Bandung yang bisa diberdayakan untuk apartemen warga.

Dia menjamin pembangunan apartemen berada di pusat kota. Sehingga warga tidak perlu khawatir untuk mempertimbangkan jarak antara tempat tinggal dan lokasi kerja.

"Nanti kita lihat paling banyak peminatnya dari warga mana, dan itu akan jadi prioritas pembangunan," kata Yossi.

Disinggung kapan realisasi Sakura kalau nantinya menang di Pilwalkot Bandung 2018, Yossi memastikan hal itu menjadi prioritas janji politiknya. "Saya ingin secepatnya. 2019 langsung kita wujudkan Sakura pertama," ucap pria berkacamata itu.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed