DetikNews
Selasa 17 April 2018, 20:38 WIB

Aksi Pria Berhelm Curi Ponsel di Sukabumi Terekam CCTV

Syahdan Alamsyah - detikNews
Aksi Pria Berhelm Curi Ponsel di Sukabumi Terekam CCTV Pria berhelm terekam kamera CCTV saat beraksi mencuri ponsel. (Foto: istimewa)
Sukabumi - Aksi pria berhelm mencuri ponsel di salah satu toko terekam kamera CCTV. Polisi menyelidiki kasus tersebut.

Kasus pencurian telepon genggam ini berlangsung di Jalan Alun-alun Utara No 4, Kota Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (17/4/2018), sekitar pukul 13.15 WIB. Berdasarkan keterangan pegawai toko, Tri Maisanuddin (31), pelaku berpura-pura sebagai konsumen yang tengah mencari ponsel dan aksesoris.

Bahkan, pelaku yang menggunakan jaket hitam dan helm half face tersebut sempat mengaku disuruh mencari ponsel oleh anggota Polres Sukabumi Kota. "Dia datang helmya enggak dilepas, saya enggak curiga dia ngakunya sedang mencari ponsel untuk dijual lagi ke anggota Polres Sukabumi Kota," kata Tri kepada detikcom.

Tri tidak curiga. Dia sempat memperlihatkan sejumlah ponsel yang terpajang di etalase. Selain ponsel, Tri diminta pelaku menunjukkan headphone, power bank dan sejumlah barang lainnya.

"Dia kemudian tertarik dengan salah satu ponsel seharga tiga jutaan rupiah. Dia sempat cek. Tidak lama, dia bilang mau nunjukkin dulu ponselnya ke seseorang bernama Ibrahim yang bertugas di Polresta Sukabumi. Dia nyimpan kartu kredit sebagai jaminan," tutur Tri.

Saat itu Tri mengaku seperti sengaja dibuat sibuk oleh pelaku. Tri disuruh menulis daftar pembelian di nota. Saat itu pelaku pergi sambil membawa kartu kredit yang akan dijadikan jaminan.

"Saya kaget, ketika pergi kartu kreditnya dia ambil. Dia bilangnya mau ke polres dulu buat memperlihatkan ponselnya ke pemesan, karena jarak konter dengan Polres dekat. Saya awalnya tidak curiga," ujarnya.

Jarak lokasi konter tempat bekerja korban dengan Polresta Sukabumi memang dekat hanya sekitar 100 meter. "Saya tunggu tiga jam ternyata dia enggak datang lagi, saya lalu lapor ke pemilik. Aksinya terekam jelas CCTV, saya lalu lapor ke Polresta Sukabumi," ucap Tri.

Akibat pencurian itu korban mengalami kerugian sekitar Rp 3 juta. Kasus ini sudah dilaporkan ke polisi.

Kapolres Sukabumi Kota AKBP Susatyo Purnomo membenarkan soal pelaporan aksi pencurian ponsel yang terekam CCTV. "Rekaman CCTV pria yang diduga pelaku memang ada, masih kita dalami," katanya.

"Untuk modus suruhan anggota (polisi), kita minta warga tidak mudah percaya dengan pengakuan-pengakuan semacam itu. Kita juga sedang nanganin kasus penipuan yang pelakunya mengaku polisi. Sasarannya penjual ponsel. Intinya waspada dan jangan gampang percaya," tutur Susatyo menambahkan.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed