DetikNews
Selasa 17 April 2018, 16:19 WIB

Rumah Baru untuk Fadil Bocah Penjual Kerupuk di Garut Dibangun

Hakim Ghani - detikNews
Rumah Baru untuk Fadil Bocah Penjual Kerupuk di Garut Dibangun Foto: Hakim Ghani
Garut - Masih ingat Fadil? Bocah 13 tahun asal Kabupaten Garut, Jawa Barat, yang viral di akhir 2017 lalu karena aksinya saat berjualan kerupuk untuk menghidupi ibu dan adiknya diunggah oleh seorang warganet ke media sosial. Rumah layak bagi Fadil saat ini tengah dibangun.

Menunggu janji Pemkab Garut yang tak kunjung datang membuat Fadil dan keluarga sempat kebingungan. Rumah yang dijanjikan Bupati Garut saat itu Rudy Gunawan tak kunjung dibangun.

Namun beruntung, sejumlah kalangan masih memperhatikan nasib keluarga bocah bernama asli Sutrisno ini. Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) membangunkannya rumah.

Ketua Baznas Garut Raden Aas menuturkan rumah baru untuk Fadil itu terletak di Desa Hegarsari, Kadungora. Rumah sederhana tersebut kini sudah mulai dibangun.

"Bantuan ini masuk ke dalam program kami," kata Aas kepada detikcom melalui sambungan telepon, Selasa (17/04/18).

Rumah yang dibangun untuk Fadil murni sebagai bantuan dari Baznas. Selain memberikan bantuan berupa rumah, Baznas Garut juga akan memberikan modal usaha bagi keluarga Fadil.

"Kondisi keluarga Fadil tidak cukup hanya diberikan rumah saja. Mereka harus diberi kesempatan usaha untuk menutupi kebutuhan sehari-hari. Kita juga berharap agar Fadil terus bersekolah," katanya.

Pembangunan rumah layak untuk Fadil kini telah mencapai 80 persen. Rumah itu rencananya akan mulai dihuni Fadil awal bulan Mei 2018. "Kita juga Insya Allah siap menanggung biaya sekolahnya, karena dia sekarang kelas 6 (SD), nanti kita sekolahkan entah di SMP atau di Tsanawiyyah," pungkas Aas.

Perjuangan Fadil si penjual kerupuk itu sempat mengundang banyak simpati di media sosial. Selain harus berjualan kerupuk, Fadil dan ibunya Heni Rohaeni (36) serta adiknya Nurlaela Jamilah harus tinggal di gubuk reyot milik tetangga yang terletak di Kampung Sinyar, Desa Kadungora.

Saat ini Fadil sudah sekolah lagi di SDN Talagasari 3, setelah Dinas Pendidikan Garut bersama pihak Kecamatan Kadungora mengupayakannya. Keluarga itu juga kini tengah menanti kehadiran anggota baru. Saat ini masa kehamilan Heni sudah memasuki 9 bulan.
(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed