DetikNews
Selasa 17 April 2018, 11:39 WIB

Big Bos Punya Rumah Mewah, Hasil Bisnis Miras Oplosan?

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Big Bos Punya Rumah Mewah, Hasil Bisnis Miras Oplosan? Syamsudin Simbolon, big bos miras oplosan maut. (Foto: istimewa)
Bandung - Syamsudin Simbolon, big bos 'pabrik' miras oplosan yang menewaskan puluhan jiwa, ternyata memiliki rumah mewah di Kabupaten Bandung. Pria tersebut diduga memiliki harta kekayaan melimpah. Hasil bisnis miras oplosan?

"Kita belum sampai meneliti ke sana," ujar Kabid Humas Polda Jawa Barat AKBP Trunoyudo Wisnu Andiko kepada detikcom via telepon, Selasa (17/4/2018).



Menurut Truno, saat ini penyidik tengah fokus terhadap kasus utamanya soal miras yang menewaskan puluhan orang. Sehingga, sambung dia, belum dapat disimpulkan harta yang didapat sang big bos tersebut merupakan hasil bisnis miras.

"Kita masih konsen ke predikat crime-nya atau kejahatan pokoknya," kata Truno.

Selain itu, teka-teki soal harta kekayaan diperoleh Syamsudin, Truno menegaskan, dapat terjawab apabila pria tersebut telah ditangkap. Polisi bakal memeriksa mendalam termasuk soal aset-aset yang dimiliki Syamsudin.

"Kita belum dapat (pelakunya). Nanti bisa diketahui apakah ada money laundry atau tidak. Nanti kita lihat aset-asetnya," ucap Truno.


Syamsudin memiliki rumah mewah. Lokasi rumah beralamat di Kampung Bojongasih 03/08, Desa Cicalengka Wetan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Bangunan benteng rumahnya cukup tinggi. Bukan hanya itu, di atas genting rumah terpasang water heater bio solar dan sebuah parabola berukuran besar.

Bagian depan rumah ada halaman mini, sangkar burung, tanaman hias dan bunga anggrek. Meski berada di pinggir jalan, rumah ini jauh dari pemukiman warga karena bagian belakang rumah ini berbatasan dengan area persawahan.


Rumah tersebut berhimpitan dengan bengkel mobil dan bengkel tambal ban. Bagian belakang terdapat kolam rumah

Bahkan di rumah tersebut terdapat bungker. Ternyata bungker berisi tempat produksi dan penyimpanan miras siap edar racikan big bos.

[Gambas:Video 20detik]


(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed