DetikNews
Senin 16 April 2018, 19:11 WIB

KPU dan KPK Kumpulkan Calon Kepala Daerah Besok di Gedung Sate

Mochamad Solehudin - detikNews
KPU dan KPK Kumpulkan Calon Kepala Daerah Besok di Gedung Sate Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat/Foto: Mochamad Solehudin
Bandung - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mengumpulkan para calon kepala daerah yang maju dalam Pilkada Serentak 16 kabupaten/kota dan Pilgub Jabar.

Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat mengungkapkan, para calon kepala daerah sengaja dikumpulkan untuk mengikuti beberapa agenda yang digelar di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (17/4/2018) besok pagi.

Pertama, kata Yayat, KPK akan menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggaran Negara (LHKPN) kepada semua pasangan calon yang maju dalam pesta demokrasi lima tahunan.

"Seluruh harta kekayaan yang disetorkan oleh seluruh paslon dan sudah diverifikasi oleh KPK, besok diserahkan kepada masing-masing calon di Pilgub dan pilakada di kabupaten/kota," kata Yayat, saat ditemui di Kantor KPU Jabar, Kota Bandung, Senin (16/4/2018).

Setelah diserahkan, lanjut Yayat, harta kekayaan dari masing-masing calon itu akan diumumkan secara terbuka kepada publik. "Selain diserahkan juga dibacakan. Yang bacakan nanti masing-masing ketua KPU. Cagub nanti dibacakan saya, sementara calon walikota dan bupati oleh KPU masing-masing," ucapnya.

Setelah itu, para calon kepala daerah itu akan diberi pembekalan oleh KPK. Acara besok juga rencananya dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

"Ada pembekalan oleh KPK, besok juga ada Mendagri itu sifatnya tertutup," kata Yayat.

Yayat menambahkan, acara pembekalan ini untuk mengingatkan para calon kepala daerah agar tidak melakukan penyimpangan saat terpilih nanti. "Mengingatkan, mungkin karena banyak kasus muncul. Tapi saya pikir bagus positif tidak ada salahnya," ujar Yayat.


(avi/avi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed