DetikNews
Minggu 15 April 2018, 00:27 WIB

Ini Mita, Adik Bona yang Kesulitan Melanjutkan Sekolah

Syahdan Alamsyah - detikNews
Ini Mita, Adik Bona yang Kesulitan Melanjutkan Sekolah Foto: Syahdan Alamsyah
Sukabumi - Sejak aksinya mencolek Presiden RI Joko Widodo ramai dibicarakan, Ariyanto 'Bona' (19) mengaku banyak didatangi tamu. Di antaranya bahkan menawari Bona untuk melanjutkan sekolah, namun Bona berharap adiknya lah yang diberi kesempatan itu.

Bona sendiri diketahui hanya lulusan Madrasah Tsanawiyah (MTS) Yastib di Palabuhanratu, menurut Bona dia bisa saja masuk ke Paket C. Yang jadi beban pikirannya saat ini adalah Mita (15) adik bungsunya yang akan menamatkan sekolah SMP.

"Saya malu kalau sekolah formal, selain karena faktor usia saya juga sudah kerasan mencari rezeki sendiri. Saya bisa saja masuk Paket C, yang jadi beban saya saat ini adalah adik saya. Sebentar lagi lulus SMP dan niatnya kuat buat meneruskan ke SMA atau SMK," tutur Bona sambil merangkul Mita di sisinya. Mita hanya tersenyum.


Sejumlah pihak termasuk pejabat dari Dinas Pendidikan disebut Bona sudah datang dan menawari Bona untuk melanjutkan sekolah. Namun Bona menolak mentah-mentah tawaran itu, dia berharap sang adik yang didahulukan.

"Saya minta ke beberapa tamu yang nawarin sekolah biar adik saya saja yang melanjutkan ke SMA atau SMK. Mereka hanya iya-iya saja tapi sampai hari ini belum ada jawaban lagi," ujarnya.

Pernyataan Bona diamini Otimah (54) ibundanya, ayah Bona Maman (55) hanya bekerja serabutan. "Saya juga kerja kalau ada yang suruh, ada warung-warungan di depan itu punya kakaknya Bona dan suaminya. Anak saya semuanya 6, Bona anak ke 5 dia memang sayang sama adiknya," tutur Otimah.

"Bona mengalah, dia bisa ikut paket C atau kalau ada rezekinya ada yang mau mempekerjakan dia. Dia ingin adiknya sekolah setinggi mungkin," tandasnya.

(err/err)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed