DetikNews
Jumat 13 April 2018, 16:40 WIB

Polisi Ciduk Penjual Miras Oranye yang Tewaskan Pria Ciamis

Dadang Hermansyah - detikNews
Polisi Ciduk Penjual Miras Oranye yang Tewaskan Pria Ciamis Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso memperlihatkan barang bukti miras oplosan. (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom).
FOKUS BERITA: Maut Miras Oplosan
Ciamis - Polisi menangkap Dede Yuliana karena menjual minuman keras (miras) oplosan yang menewaskan sopir angkutan umum, Dodi (29), warga Saguling, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Selain itu, jajaran Polres Ciamis menyita 400 dus berisi sekitar 3.400 botol miras ilegal hasil hasil razia selama dua minggu.

"Pelaku menjual miras jenis suliwa atau minola kepada korban. Korban meninggal dunia akibat mengkonsumsi minuman suliwa," ujar Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso di Mapolres Ciamis, Jumat (13/4/2018).


Awal terungkapnya kasus ini bermula saat tersangka menjual miras suliwa berwarna oranye itu kepada Dodi di teras ruko Pasar Manis Ciamis, Minggu (8/4). Selanjutnya Dodi pesta miras dengan menghabiskan tujuh botol suliwa di salah satu tempat karaoke.

Pada Rabu (11/4), Dodi mengeluh sakit perut. Dia dibawa ke RSUD Ciamis dan meninggal dunia pada Kamis (12/4), sekitar pukul 03.00 WIB. Dodi diduga meninggal akibat efek miras suliwa.

"Kita lakukan visum terhadap korban, melakukan pemeriksaan terhadap saksi. Penjual miras oplosan itu kita tangkap. Semuanya yang membeli itu lima orang dengan harga 500 ribu rupiah. Satu orang meninggal, lainnya sehat," tutur Bismo.


Dede mengaku miras oplosan tersebut kiriman dari Bandung. Soal ada dan tidaknya keterkaitan dengan kejadian serupa di Cicalengka, polisi masih penyelidikan.

"Untuk barang bukti yang diamankan dari pelaku penjual miras oplosan ini sebanyak sembilan botol jenis suliwa," ujar Bismo.

Dede dijerat Pasal 204 KUHPidana. Ia terancam hukuman maksimal 20 tahun penjara.

"Kita terus upayakan bekerja dengan masyarakat untuk sama-sama mencegah peredaran miras," ucap Bismo.


(bbn/bbn)
FOKUS BERITA: Maut Miras Oplosan
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed