Pilbup Bandung Barat 2018

Abubakar Tersangka, Pengamat: Tugas Elin Makin Berat

Mukhlis Dinillah - detikNews
Kamis, 12 Apr 2018 14:08 WIB
Foto: Bupati Bandung Barat Abu Bakar tiba di KPK (Haris/detikcom)
Bandung - Pengamat politik Universitas Parahyangan Asep Warlan menilai kasus hukum yang menjerat Abubakar berdampak siginifikan terhadap pencalonan istrinya Elin Suharliah di Pilbup Bandung Barat. Elin bersama pasangannya Maman Sulaeman Sunjaya memikul tugas berat.

Penetapan Bupati Bandung Barat Abubakar sebagai tersangka oleh KPk karena diduga menerima suap cukup mengejutkan publik. Apalagi duit suap tersebut bertujuan untuk mendukung biaya kampanye sang istri yang diusung oleh PDIP, PKB dan PPP.

"Artinya masyarakat akan sulit sekali menerima permasalahan korupsi. Meski suaminya, tapi ditunjukkan untuk kepentingan pilkada, artinya untuk Elin," kata Asep saat dihubungi via telepon genggam, Kamis (12/4/2018).

Menurutnya posisi pasangan Elin - Maman dipersulit dengan asal usul duit suap yang diterima oleh Abubakar. Pasalnya, sambung dia, uang haram yang disita KPK itu berasal dari anggaran pendapatan belanja daerah (APBD).

"Apalagi ini uang APBD, ini lebih berat lagi untuk kepentingan pilkada bukan uang pengusaha. Ini pasti akan ada situasi tidak menguntungkan," ungkap dia.

Dia menuturkan situasi kurang menguntungkan ini tentu akan dimanfaatkan oleh lawan politik Elin - Maman. Selain itu, sambung dia, akan berdampak signifikan terhadap persepsi pemilih nantinya.

Kendati demikian, kata dia, tidak ada jaminan Elin - Maman bisa kalah begitu saja. Sebab, sambung dia, ada beberapa daerah yang tetap menang meski tersangkut kasus korupsi.

"Jadi tergantung juga bagaimana mereka membersihkan itu. Iya ini tugas berat, ekstra berat," ujar Asep.
(ern/ern)