Petaka Pesta Miras Oplos Ginseng Berujung Maut di Cicalengka

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Senin, 09 Apr 2018 11:23 WIB
Saah satu korban tewas akibat pesta minuman keras (miras) oplosan. (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Bandung - Belasan orang tewas usai menenggak minuman keras (oplosan). Mereka pesta menenggak miras maut tersebut beberapa hari sebelumnya. Berikut kronologinya.

"Mereka meminum miras beberapa hari sebelum tewas," ujar Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jabar Kombes Umar Surya Fana kepada detikcom via pesan singkat, Senin (9/4/2018).

Umar menuturkan para korban membeli miras tersebut pada Kamis (5/4) lalu. Mereka membeli miras jenis ginseng berwarna kuning yang dikemas ke dalam botol air mineral.

"Mereka membeli miras ginseng dari toko milik S yang berada di Kampung Bojong Asih, Cicalengka," tutur Umar.


Usai membeli miras tersebut, mereka meminumnya. Pengakuan korban yang dirawat kepada polisi, mereka diduga meminum secara bersama-sama.

"Keterangan dari saksi korban, mereka minumnya secara bersamaan karena ada suatu kegiatan," kata Kabid Humas Polda Jabar AKBP Trunoyudo Wisnu Andiko via sambungan telepon.

Dengan demikian, sambung Truno, diduga para korban miras maut ini saling mengenal. Namun untuk kepastiannya, polisi masih menunggu kondisi dari para korban yang masih dirawat.

Menurut Humas RSUD Cikopo Cicalengka Evi Sukmawati jumlah korban yang datang ke rumah sakit sebanyak 27 orang. Mereka berdatangan sejak Jumat (6/4). Untuk korban tewas sebagian sudah meninggal dalam perjalanan. Tercatat pada Sabtu (7/4) tujuh orang tewas, Minggu (8/4) kemarin lima orang tewas, dan hingga Senin pagi (9/4) empat orang tewas.

[Gambas:Video 20detik]

(bbn/bbn)