Jokowi ke Sukabumi, 'Teman Orang Gila' Tagih Janji Kemensos

Syahdan Alamsyah - detikNews
Jumat, 06 Apr 2018 18:16 WIB
Deni Solang bersama ''Teman Orang Gila'/Foto: Syahdan Alamsyah
Bandung - Rencana kedatangan Presiden Joko Widodo ke sejumlah tempat di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat mendapat respons positif warga. Salah satunya Deni Solang, pria yang akrab dengan sebutan 'Teman Orang Gila' itu berharap ada pihak Kementrian Sosial (Kemensos) yang ikut dalam rombongan presiden.

Pemilk Panti Aura Welas Asih yang menangani Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) itu beralasan pihak Kemensos pernah menjanjikan akan memberikan bantuan pangan untuk ODGJ di Panti yang dia kelola.

"Saya pernah diwawancarai secara live di metro TV pada Desember tahun lalu, saat kami berencana akan menutup panti. Kebetulan saat itu di studio ada dari Kemensos yaitu Pak Nahar, melalui sambungan video beliau mengatakan akan memberikan bantuan," kata Deni kepada detikcom, Jumat (6/4/2018).

Deni saat itu diminta untuk melengkapi beberapa persyaratan dalam proposal yang diajukan, saat ini ditegaskan Deni proposal itu sudah lengkap sesuai permintaan dari Kemensos.

"Semua data sudah kita lengkapi, tapi nyatanya sampai April tahun ini bantuan pangan yang dijanjikan tidak pernah datang. Jangan PHP - in kami lah pak kasihan," lanjut Deni.

Saat ini ada lebih dari 100 ODGJ yang dirawat Deni, untuk biaya makan sehari-hari Deni bersyukur makin banyak bantuan terutama ketika isu ODGJ menebar teror mencuat ke permukaan.

"Saya diundang jadi pembicara, saya juga menerima banyak titipan dari kepolisian karena banyak ODGJ yang berkeliaran diamankan kemudian dibawa ke panti kami. Banyak dermawan yang membantu termasuk dari kepolisian, kantor pajak dan banyak lagi," ujarnya.

"Saya akan mencari Menteri Sosial, saya mau tagih janji karena itu ditonton secara nasional dan live. Jadi apa yang staf beliau utarakan semoga bukan sekedar pemanis di televisi saja syukur-syukur Pak Jokowi langsung yang menengok ke panti kami," tandasnya. (avi/avi)