Pilwalkot Bandung 2018

Nurul Arifin-Ruli Janji Sering Live di Medsos Jika Terpilih

Tri Ispranoto - detikNews
Rabu, 04 Apr 2018 18:08 WIB
Nurul Arifin/Foto: Tri Ispranoto
Bandung - Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung Nurul Arifin-Chairul Yaqin Hidayat memastikan akan selalu dekat dan melibatkan warga dalam pembangunan Kota Bandung jika nantinya menang di Pilwalkot Bandung 2018.

Calon Wali Kota Bandung Nurul Arifin mengatakan akan memanfaatkan media sosial (medsos) untuk berinteraksi langsung dengan warga. Sebab saat ini media sosial sudah tanpa sekat melalui aplikasi live, dan mayoritas warga sudah memiliki telepon pintar.

"Ketika kami menggelar rapat atau merancang pembangunan, warga kan tidak bisa hadir seluruhnya. Apalagi masing-masing punya kesibukan di lokasi berbeda. Tetapi kami dan warga masih bisa dekat dan ikutan dengan layanan Live Facebook, Live Periscope, Live Instagram," ujar Nurul dalam rilis yang diterima detikcom, Rabu (4/4/2018).

Menurutnya untuk menciptakan pemerintahan yang transparan harus dibarengi keterbukaan anggaran pada warga. Keterbukaan tersebut nantinya akan diwujudkan dalam sejumlah program seperti i-planning, i-budgeting dan citizen care.

"Kami banyak memanfaatkan konsep interaktif untuk membuka kesempatan bagi seluruh warga agar bisa ikut membangun kota sejak masa rancangan supaya betul-betul mewakili kebutuhan warga Kota Bandung," katanya.

Nurul menjelaskan aksesibilitas warga dalam kinerja Pemkot Bandung akan meningkatkan keterbukaan proses pembangunan kota. Keterbukaan ini sesuai dengan misi Nurul-Ruli yang bertujuan untuk mengembangkan kehidupan sosial budaya kota yang kreatif, berkesadaran tinggi serta berhati nurani.

Hal itu nantinya diharapkan mampu mewujudkan peningkatan mutu kerja sama di semua pemangku kepentingan dalam pembangunan.

"Targetnya agar kami bisa meningkatkan kepedulian dan kepekaan masyarakat terhadap lingkungan, sosial maupun fisik. Kami yakin peran serta aktif masyarakat dalam setiap tahapan proses pembangunan mampu mewujudkan rasa kepedulian dan kepekaan masyarakat terhadap lingkungan sosial maupun fisik untuk pembangunan kota yang sesuai harapan," ucapnya.

Sementara itu Calon Wakil Wali Kota Bandung Chairul Yaqin Hidayat mengungkapkan jika terpilih akan menerapkan sejumlah aplikasi digital dalam proses penentuan kebijakan kepala daerah. Dalam aplikasi itu warga akan dengan mudah berinteraksi tanpa harus bertatap muka langsung.

Prinsipnya, kata dia, keterbukaan harus dibarengi dengan kemudahan akses warga. Dengan begitu warga bisa mengikuti setiap proses perencanaan pembangunan kota.

"Kita tahu banyak warga yang disibukkan dengan kegiatannya. Nanti mereka bisa aktif terlibat. Istilah kami interaktif untuk mengawal pembangunan kota sejak proses perancangan. Supaya hasilnya memang murni dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat," ujar pria yang akrab disapa Ruli ini.

(ern/ern)