Irma di Ciamis Berbagi Makanan Gratis Bagi Jemaah Jumat

Dadang Hermansyah - detikNews
Jumat, 30 Mar 2018 14:01 WIB
Foto: Dadang Hermansyah
Ciamis - Cerita inspiratif datang dari sekumpulan remaja di Kabupaten Ciamis yang tergabung dalam Ikatan Remaja Masjid (Irma). Setiap hari Jumat mereka berinisiatif membagi-bagikan makanan gratis di Masjid Agung Ciamis kepada para jemaah.

Setelah selesai melaksanakan salat jumat, setiap jemaah yang akan pulang terlebih dulu bisa mampir ke stand makanan gratis yang telah disediakan. Setiap jumat, makanan yang disajikan berbeda-beda, tergantung dari pemberian para donatur.

"Jadi setiap jumat kami memberikan makanan gratis bagi para jemaah salat jumat, baru empat kali dilaksanakan," ujar Akmal Muhammad salah seorang anggota Irma Masjid Agung Ciamis saat ditemui di halaman Masjid Agung Jumat (30/3/2018).

Irma di Ciamis Berbagi Makanan Gratis Bagi Jemaah JumatFoto: Dadang Hermansyah

Menurut Akmal, kegiatan bagi makanan gratis ini terselenggara atas kerjasama DKM Masjid Agung Ciamis dengan para donator seperti rumah makan dan para pengusaha di Ciamis.

Awal mulanya, para remaja ini berpikir cara untuk memakmurkan Masjid Agung Ciamis. Bagaimana menarik jemaah untuk datang ke masjid lebih banyak.

"Jadi cara membagikan makanan gratis ini yang kami pilih, mudah-mudahan bisa menarik para jemaah lebih banyak. Ini sebagai bentuk apresiasi juga," jelasnya.

Siti Aisyah, Anggota Irma Masjid Agung lainya, mengatakan untuk mencari donatur ia dan teman-temannya menawarkan ke sejumlah rumah makan dan juga perusahaan dengan mengirimkan surat. Tak jarang mereka langsung door to door.

"Ada juga para pedagang seperti cilok, pecel dan lainnya yang atas inisiatif sendiri menawarkan untuk berbagi bersama-sama," ungkapnya.

Harapannya, kata dia, ke depan Masjid Agung Ciamis menjadi lebih makmur. Menjadikan Masjid Agung ini menjadi pusatnya Masjid dan menjadi contoh yang lainnya.

"Alhamdulillah tanggapan dari para jemaah sangat baik, bahkan ada juga jemaah yang tertarik dan ingin menjadi donatur," ungkapnya.

(ern/ern)