Sambut Ustaz Somad, Ratusan Orang Bersihkan Masjid Raya Bandung

Tri Ispranoto - detikNews
Kamis, 29 Mar 2018 10:38 WIB
Masjid Raya Bandung. (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)
Bandung - Sebanyak 600 orang relawan muslim melakukan aksi bersih-bersih di area Masjid Raya Bandung, Jalan Dalem Kaum, Kota Bandung. Aksi tersebut sebagai bentuk mempersiapkan tablig akbar bersama ustaz Abdul Somad pada Jumat 30 Maret 2018.

Kegiatan bersihkan masjid tersebut berlangsung Kamis (29/3/2018) pagi hingga menjelang siang. "Kita ingin tablig akbar membawa ulama besar diperhatikan secara detail. Kita ingin tablig akbar ini punya hasil lebih nyata," ujar Ketua Panitia Muslim Independent Movement (MIM) Andrey Syamsudin saat berbincang dengan detikcom di sela-sela kegiatan.

Pihak panitia sengaja memilih Masjid Raya Bandung sebagai tempat tablig akbar lantaran jumlah jemaah yang akan hadir pada acara besok mencapai 50 ribu orang. Namun setelah dilakukan survei kondisi masjid cukup kotor.

Sehingga, Andrey mengajak umat muslim yang tergabung di MIM menjadi relawan untuk membersihkan seluruh area dalam dan luar masjid.

"Kita ingin menunjukkan bahwa muslim itu bersih. Makanya kita ajak, dan terkumpul sekitar 600 relawan," ucapnya.

Sambut Ustaz Somad, Ratusan Orang Bersihkan Masjid Raya BandungAksi bebersih Masjid Raya Bandung oleh relawan. (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)

Menurut Andrey, para relawan tidak hanya berasal dari Kota Bandung, tapi ada juga yang datang dari Bogor, Bekasi, Sumedang, Cianjur bahkan Cirebon. Mereka berdatangan sejak Kamis pagi untuk mengikuti kegiatan bersih-bersih dan dilanjutkan tablig akbar.

"Ini akan menjadi titik awal pergerakan kita membersihkan masjid-masjid yang ada di Bandung, bahkan Jabar. Rencananya tahun depan kita buat jambore nasional," ujar Andrey.

Para relawan pria dan wanita membersihkan seluruh area masjid tanpa terkecuali. Bukan hanya di bagian dalam masjid, para relawan juga turut membersihkan area luar hingga ke Jalan Asia Afrika dan Jalan Dalem Kaum.

Di bagian dalam masjid relawan membersihkan masjid dengan cara mengepel, menyapu hingga mengelap pilar dan jendela secara detil. Di sisi lain, bagian kamar mandi dan tempat wudhu pun turut dibersihkan. Sementara di bagian area luar trotoar dan tong sampah menjadi target utama aksi bersih-bersih.

Sambut Ustaz Somad, Ratusan Orang Bersihkan Masjid Raya BandungBebersih Masjid Raya Bandung ini untuk persiapan tablig akbar yang menghadirkan ustaz Abdul Somad. (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)
(bbn/bbn)