Pilwalkot Bandung 2018

Nurul Arifin Motivasi Perempuan Kuasai 30 Persen Kursi RW

Tri Ispranoto - detikNews
Rabu, 28 Mar 2018 17:41 WIB
Foto: Tri Ispranoto
Bandung -
Calon Wali Kota Bandung Nurul Arifin akan meneruskan tren positif 30 persen keberadaan perempuan pada posisi strategis di wilayah Pemkot Bandung.

Tidak hanya akan melanjutkan, calon nomor urut satu itu akan memperluasnya mulai dari pemerintahan terbawah di tingkat RW bahkan mendorong swasta untuk mengikutinya.

"Semua perempuan harus mempunyai akses ekonomi, hak dan lainnya seperti pendidikan dan kesehatan yang setara," ujar Nurul usai berkampanye di RT 7 RW 7, Kelurahan Babakan Ciamis, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, Rabu (28/3/2018).

Ia menilai saat ini di dunia politik dan pemerintah sudah cukup baik yakni mengakomodir 30 persen perempuan. "Dan saya ingin mengimplementasikan itu semua ke jenjang RT dan RW. Bahkan pihak swasta juga kita dorong untuk memberdayakan hal yang sama," ucapnya.

Nurul Arifin Motivasi Perempuan Kuasai 30 Persen Kursi RWFoto: Tri Ispranoto

Politisi Golkar ini berjanji jika menang dalam Pilwalkot Bandung 2018 akan memberikan edukasi dan advokasi pada perempuan untuk memiliki hak yang sama seperti halnya dalam urusan kepemimpinan.

"Kalau saya terpilih, aura dan semangat saya sebagai pemimpin akan ditularkan. Contohlah saya sebagai pemimpin Kota Bandung yang juga perempuan," katanya.

Soal kemampuan, Nurul percaya perempuan sama dengan laki-laki. "Ibu-ibu harus dan pasti mampu. Hanya saja mereka terkadang takut ngomong, kurang percaya diri dan tidak ada dukungan. Di era saya nanti itu akan kita motivasi dan advokasi agar mereka memiliki kesempatan yang sama," ujar perempuan berkacamata itu.
(ern/ern)