Soal KBU, Ridwan Kamil Sebut Perlu Unit Kerja Cekungan Bandung

Pilgub Jabar 2018

Soal KBU, Ridwan Kamil Sebut Perlu Unit Kerja Cekungan Bandung

Mukhlis Dinillah - detikNews
Jumat, 23 Mar 2018 20:03 WIB
Foto: istimewa
Foto: istimewa
Bandung - Cagub Jabar Ridwan Kamil berjanji akan menyelamatkan Kawasan Bandung Utara (KBU) yang kondisinya kini memprihatinkan, salah satunya dengan membentuk unit kerja cekungan Bandung.

Emil sapaan Ridwan Kamil menilai unit kerja cekungan Bandung ini penting untuk menyelesaikan persoalan di KBU. Pasalnya, sambung dia, selama ini penyelesaian KBU belum terkoordinir dengan baik.

"Kalau saya terpilih nanti dibentuk unit kerja cekungan Bandung. Jadi tidak usah pimpong-pimpong lagi kota mana kabupaten mana yang bertanggungjawab," kata Emil saat ditemui di Hotel Harris, Jalan Ciumbuleuit, Kota Bandung, Jumat (23/3/2018).

Menurutnya dalam unit kerja cekungan Bandung nantinya terdapat tim yang mengurusi soal tata ruang. Tim tersebut akan diberikan kewenangan untuk merancang tata ruang di KBU mendatang.

Dia menegaskan akan memperketat setiap perizinan pembangunan yang berkaitan dengan KBU. Bahkan, sambung dia, bukan tidak mungkin pembangunan di kawasan konservasi tersebut dihentikan.

"Kita akan teliti apakah diberhentikan moratorium, apakah dikurangi dengan sebuah kriteria, intinya peraturan pemerintah harus adil jangan enggak tapi ada yang harus jadi gak bisa. Jadi intinya kita akan reveiw di kepemimpinan saya kalau dipilih KBU akan super ketat," ungkap Wali Kota Bandung ini

Dia mengatakan untuk mengupayakan pembentukan unit kerja cekungan Bandung itu, diperlukan payung hukum berupa peraturan presiden (perpres).

"Nanti unit itu perpresnya akan kita kejar kalau pepres itu turun kita punya unit yang mengerjakan itu, urusan aliran air, manusia, persampahan bisa dikelola oleh pembantu gubernur itu," kata Emil.

Selain intensitas hujan yang tinggi, kerusakan di KBU dituding menjadi penyebab banjir bandang Cicaheum, Selasa 20 Maret lalu. (ern/ern)