DetikNews
Kamis 22 Maret 2018, 18:23 WIB

Satu Gerbong Kereta Lodaya Anjlok di Garut

Mochamad Solehudin - detikNews
Satu Gerbong Kereta Lodaya Anjlok di Garut Kereta anjlok di Garut. (Foto: istimewa)
Garut - Satu gerbong kereta Api (KA) Lodaya relasi (jurusan) Solo Balapan-Bandung anjlok di kilometer 226+8/6 antara Stasiun Bumiwaluya-Stasiun Warung Bandrek, Kabupen Garut, Jawa Barat. Akibatnya sejumlah jadwal kereta api mengalami gangguan.

Manajer Humas PT KAI Daop 2 Joni Martinus menjelaskan insiden gerbong kereta yang anjlok adalah nomor tiga dari sembilan gerbong rangkaian KA Lodaya. Kereta tersebut membawa 322 penumpang dan semuanya dipastikan selamat. Kejadian tersebut berlangsung Kamis (22/3/2018) sore.

"Gerbong anjlok saat KA Lodaya dari Solo menuju Bandung," kata Joni saat dihubungi.

Pihaknya saat ini sudah mengirimkan alat evakuasi berupa kereta crane ke lokasi untuk menangani gerbong yang anjlok. "Untuk saat ini kami fokus pada upaya normalisasi dan juga pelayanan kepada penumpang. Untuk penyebab akan kami selidiki," ucap Joni.

Akibat anjloknya gerbong kereta di jalur tersebut, sejumlah jadwal kereta api mengalami gangguan. Seperti KA Kutojaya selatan relasi Kutoarjo-Kiaracondong tertahan di Stasiun Cipendeuy. KA Serayu relasi Pasar Senen-Kiaracondong-Purwokerto tertahan di Stasiun Cibatu.

"Kami memohon maaf. Penumpang kereta yang tertahan akan diberikan service recovery sesuai ketentuan perusahaan," ujarnya.

Para penumpang KA Lodaya yang mengalami anjlok dipindahkan dengan menggunakan enam bus untuk melanjutkan perjalanan dari Stasiun Bumiwaluya, Kabupaten Garut, menuju Kota Bandung.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed