DetikNews
Kamis 22 Maret 2018, 16:19 WIB

Soal Logam di Dada Atikah dan Jarak Tembak Pria Bertopeng

Syahdan Alamsyah - detikNews
Soal Logam di Dada Atikah dan Jarak Tembak Pria Bertopeng Logam di dada Atikah sebelum diangkat dokter. (Foto: istimewa)
Sukabumi - Dua benda asing bersarang di dada kiri Atikah (40), warga Kampung Babakan Kubang, Desa Mekarsakti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jabar. Korban mengaku ditembak pelaku bertopeng pada Senin 12 Maret 2018 lalu.

Hasil uji forensik terungkap dua benda berbahan logam itu tidak mirip peluru. Dokter Forensik RSUD Syamsudin Sukabumi Nurul Aida Fathya menyebut dua benda asing itu menembus dada korban karena ada daya dorong.

"Benda asing itu bisa masuk ke situ karena ada sesuatu yang mendorong, nah yang mendorong benda tersebut kita belum tahu. Nanti diperiksanya oleh uji balistik. Apakah memang itu ada senjata berkekuatan tinggi sehingga bisa masuk atau sengaja dimasukkan, kita belum tahu," kata Nurul di instalasi jenazah RSUD Syamsudin, Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (22/3/2018).



Posisi benda logam tersebut cukup dangkal dan tidak sampai mengenai tulang korban. Bahkan Nurul berasumsi apabila benda itu masuk ke dada korban dengan cara ditembakkan, tekanan tenaganya tidak terlalu besar.

"Jika benda itu masuk dengan cara ditembakkan kemungkinan pertama (tekanan) tenaganya tidak terlalu besar, kedua (jarak) terlalu jauh sehingga kehilangan daya tembus," ucap Nurul.

Soal Logam di Dada Atikah dan Jarak Tembak Pria BertopengDokter Forensik RSUD Syamsudin Sukabumi Nurul Aida Fathya. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Atikah sempat menceritakan jika dua pelaku bertopeng menembaknya dari jarak dekat menggunakan senapan berukuran besar dan menempelkan lubang senjata ke dada kirinya.

Menanggapi keterangan itu, Nurul menyebut korban memang sempat menceritakan hal itu saat pemeriksaan awal, namun kebenarannya perlu pembuktian karena satu-satunya saksi saat itu hanya ada korban yang mengalami peristiwa itu.

"Pengakuan korban memang seperti itu, persepsi dia ya silahkan-silahkan saja. Yang pasti baru bisa diketahui setelah uji balistik," sambungnya.


Ketika dimintai deskripsi bentuk logam yang bersarang di dada kiri korban, Nurul hanya menyebut jika bentuknya lonjong. "Bentuknya lonjong, kalau ukuran nanti bisa ditanyakan ke penyidik setelah uji balistik," ucap Nurul.

Sayangnya benda logam tersebut tidak ditunjukkan kepada sejumlah awak media. Setelah pemeriksaan dua benda tersebut disimpan dalam toples kecil dan dibungkus perban.

"Hari ini kita serahterimakan ke polisi untuk pemeriksaan lebih lanjut," kata Nurul.

Soal Logam di Dada Atikah dan Jarak Tembak Pria BertopengDua logam disimpan dalam toples kecil dan dibungkus perban. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)

(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed