detikNews
Rabu 21 Maret 2018, 16:52 WIB

Banjir Bandang, Pemkot Bandung Tetapkan Status Darurat Bencana

Mochamad Solehudin - detikNews
Banjir Bandang, Pemkot Bandung Tetapkan Status Darurat Bencana Mobil tertumpuk karena terseret banjir bandang di Cicaheum/Foto: ANTARAFoto/Raisan Alfarisi
Bandung - Pemerintah Kota Bandung menetapkan status tanggap darurat bencana pasca banjir bandang yang menerjang wilayah Cicaheum, Kelurahan Jatihandap, Kecamatan Mandalajati, Kota Bandung, Selasa (20/3/2018) kemarin.

"Yah kita tetapkan tanggap darurat untuk Kota Bandung," kata Pjs Wali Kota Bandung M Solihin, saat meninjau lokasi bencana di Kawasan Cicaheum, Kota Bandung, Rabu (21/3/2018).

Solihin didampingi sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Bandung meninjau secara langsung lokasi bencana. Solihin tiba sekitar pukul 15.00 WIB dan langsung melihat lokasi-lokasi terkena dampak paling parah.

Solihin menyatakan banjir bandang yang terjadi kemarin sore tergolong luar biasa. Padahal, kata dia, hujan yang turun tidak terlalu lama. Namun menimbulkan dampak kerusakan cukup besar.

"Hujan bersar kemarin tidak terlalu lama (tapi berdampak besar)," ucapnya.

Pjs Wali Kota Bandung SolihinPjs Wali Kota Bandung Solihin Foto: Mochamad Solehudin


Dia juga menyebut bencana banjir bandang di luar prediksinya. Pasalnya, pihaknya kemarin justru fokus untuk mengantisipasi banjir di wilayah Gedebage, Kota Bandung. "Ini di luar prediksi kami. Karena kami fokus ke wilayah Gedebage," ujarnya.

Saat ini, pihaknya mengaku fokus untuk melakukan penanganan. Sejumlah bantuan berupa kebutuhan pokok dan bantuan lainnya sudah siap untuk diturunkan.

"Dari Dinas Ketahanan Pangan ada beras. Dari Dinsos dan Dinas Kebakaran juga sudah turun untuk membantu proses penanganan di lapangan," ucapnya.

Selain itu, status tanggap darurat bencana juga ditetapkan dalam beberapa hari kedepan. Hal itu, untuk memudahkan proses penanganan di lapangan.

"(Tanggap darurat) sampai dengan kondisi normal. Batas waktunya sampai kondisi ini bisa terselesaikan dengan baik," tandasnya.
(ern/ern)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com