DetikNews
Rabu 21 Maret 2018, 16:31 WIB

Respons Pemkab Garut Soal 'Jalan Cinta' yang Minim Cahaya

Hakim Ghani - detikNews
Respons Pemkab Garut Soal Jalan Cinta yang Minim Cahaya lokasi jalan yang kerap dipakai balapan liar dan aktivitas negatif/Foto: Hakim Ghani
Garut - Di kawasan pusat Pemerintahan Kabupaten Garut, Jawa Barat, minim cahaya. Warga resah karena jalan yang dijuluki 'Jalan Cinta' itu kerap dipakai kegiatan negatif oleh segelintir pemuda. Dari mulai balapan hingga berbuat mesum.

"Itu sudah masuk ke dalam pembahasan kami mengenai evaluasi infrastruktur yang tidak berjalan. Itu salah satunya," kata Plt Sekda Garut Uu Saepudin kepada detikcom di SOR Ciateul, Tarogong Kidul, Rabu (21/03/2018).



Uu mengatakan ada beberapa alasan yang membuat Jalan Patriot sepanjang 350 meter yang terbentang mulai dari depan kantor DPRD Garut hingga sekitar gapura Komplek Paseban minim penerangan. Salah satunya adalah pencurian lampu oleh orang-orang tak bertanggung jawab.

"Jadi sebenarnya (penerangan) mati. Karena ada perusakan, kedua pencurian yang ke tiga mungkin kualitas lampu yang tidak maksimal. Sehingga dalam satu bulan kadang ada yang putus dan rusak," katanya.

Uu menambahkan pihaknya berjanji akan secepatnya memperbaiki penerangan jalan di kawasan tersebut. Pemilihan bahan dan keamanan agar tidak dicuri dan dirusak segelintir orang akan lebih diperhatikan.

"Minggu ini kita tangani, itu jadi prioritas. Jadi mungkin pemilihan bahan yang akan jadi sorotan," pungkas pria yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Garut itu.

Jalanan di sekitar pusat pemerintahan Kabupaten Garut tepatnya di Jalan Patriot, Tarogong Kidul, minim penerangan. Akibatnya, kerap dimanfaatkan oleh sejumlah kalangan untuk minum-minuman keras dan balapan liar. Karena selain gelap saat malam, tempat tersebut dikenal sepi.

Hal tersebut membuat warga yang bermukim di kawasan tersebut resah dan meminta pemerintah untuk segera mencari solusi. Pihak kepolisian sebenarnya intens melakukan patroli dan razia di kawasan tersebut. Namun para remaja yang bandel tetap melakukan hal-hal negatif di kawasan tersebut.

Selain Jalan Patriot, beberapa jalan lainnya yang berada di pusat kota juga dalam keadaan gelap karena minimnya penerangan. Diantaranya adalah Jalan Raya Samarang, Tarogong Kaler, yang terbentang dari kawasan Bukit Alamanda hingga Balai Lingkungan Kerja (BLK) Garut dan juga Jalan Sukasenang-Tanjungkamuning yang terletak di wilayah Kecamatan Tarogong Kidul.
(avi/avi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed