Sungai Meluap, SD Jatihandap Bandung Kebanjiran

Luthfiana Awaluddin - detikNews
Selasa, 20 Mar 2018 18:39 WIB
SD Jatihandap Bandung terendam banjir. (Foto: istimewa)
Bandung - Banjir bandang dari Sungai Cipamokolan menerjang wilayah RT 05 RW 05, Kelurahan Jatihandap, Kecamatan Mandalajati, Kota Bandung, Selasa sore (20/3/2018). Air dari sungai meluap hingga setinggi lutut. Salah satu yang terdampak adalah SDN Jatihandap Lama yang terletak di tepi sungai tersebut.

"Hujan besar mulai sekitar setengah empat sore, kemudian air dari sungai naik hingga masuk ke kelas," ujar Eli Marlina, Kepala Sekolah SDN Jatihandap saat dihubungi detikcom.


Eli mengungkapkan saat hujan besar sore itu, tiba-tiba terdengar suara gemuruh dari sungai Cipamokolan. Perlahan air dari sungai tersebut mulai naik. Aroma lumpur yang pekat tercium menusuk hidung.

Saat air mulai naik dan masuk kelas, Eli memutuskan untuk menghentikan kegiatan belajar mengajar di sekolah tersebut. "Kita pulangkan murid dengan cepat dan mengimbau murid untuk pulang lewat rute jalan Jatihandap," kata dia.

Eli bercerita, tanggul sungai Cipamokolan di wilayah RT 05 sempat jebol karena diterjang air yang deras. "Jembatan yang menghubungkan Jatihandap dengan Padasuka sulit dilalui. Kita imbau siswa tidak melalui rute itu," kata perempuan berumur 54 tahun itu.

[Gambas:Video 20detik]

(bbn/bbn)