DetikNews
Selasa 20 Maret 2018, 18:37 WIB

Banjir Bandang di Cicaheum Bandung Karena Tanggul Sungai Jebol

Mochamad Solehudin, Dony Indra Ramadhan - detikNews
Banjir Bandang di Cicaheum Bandung Karena Tanggul Sungai Jebol Banjir bandang di Cicaheum surut, berganti lumpur/Foto: Muklis Dinillah
Bandung - Banjir bandang yang terjadi di Cicaheum Bandung berasal dari luapan air sejumlah sungai di kawasan tersebut. Diduga derasnya hujan membuat debit air sungai sangat tinggi hingga menyebabkan tanggul jebol.

"Diduga dari luapan sungai cipamokolan, ada tanggul yang jebol," ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung Arief Prasetya saat dihubungi detikcom, Selasa (20/3/2018).

Namun pihaknya belum bisa memastikan penyebab pasti banjir bandang tersebut.

"Kita akan lakukan penyusuran kalau air sudah agak surut," singkatnya.

Dihubungi via pesan singkat Kapolrestabes Bandung Kombes Hendro Pandowo mengungkapkan, ada dua sungai yang berada di kawasan Padasuka, Mandalajati juga meluap.

"Sungai Cicabe dan Cileuweung yang berada di kawasan Padasuka, Mandalajati," ucap Hendro.

Hendro menuturkan air dari dua sungai tersebut meluap saat hujan deras terjadi. Sekitar pukul 16.30 WIB, air tiba-tiba keluar dari kedua sungai tersebut.

"Air meluap membawa lumpur hingga ke jalan," katanya.

Akibatnya, saat ini kawasan Jalan AH Nasution lumpuh total. Lumpur masih menutupi jalan utama yang menghubungkan kawasan Cikutra - Cicaheum itu.

"Masih menutupi jalan, belum bisa dilalui," katanya.

Saat ini personel Polrestabes Bandung bersama Polsek Antapani masih berada di lokasi. Selain mengatur lalu lintas, para personek juga membantu membersihkan lumpur.



(avi/avi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed