DetikNews
Selasa 20 Maret 2018, 14:57 WIB

Pilgub Jabar 2018

TB-Anton Janjikan Sekolah Gratis dan Beasiswa Bagi Siswa SMA

Mukhlis Dinillah - detikNews
TB-Anton Janjikan Sekolah Gratis dan Beasiswa Bagi Siswa SMA Foto: Erna Mardiana
Bandung - Pasangan TB Hasanuddin - Anton Charliyan punya cara tersendiri untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) anak muda atau generasi milenial di Jabar. Akses pendidikan dan lapangan kerja akan diprioritaskan untuk generasi milenial.

Cagub Jabar TB Hasanuddin mengatakan pendidikan dan lapangan kerja menjadi sektor yang penting bagi kaum milenial. Pasalnya, sambung dia, kedua hal tersebut saling berkaitan untuk peningkatan SDM di Jabar.

"Kami melihat memang pendidikan dan lapangan kerja yang harus diprioritaskan untuk generasi muda saat ini," kata TB saat dihubungi detikcom, Selasa (20/3/2018).

Kedua, kata dia, akan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada generasi muda untuk mengenyam pendidikan yang laik. Salah satunya dengan membebaskan biaya untuk SMA dan SMK termasuk beasiswa bagi yang berprestasi.

Selain itu, kata dia, pasangan yang diusung PDIP ini akan mendorong kaum milenial untuk mengembangkan ekonomi kreatif. Sebab, sambung dia, saat ini industri kreatif tengah bertumbuh cukup pesat.

"Kami akan dorong generasi milenial ini untuk mengembangkan ekonomi kreatif. Banyak lapangan kerja yang bisa menyerap tenaga kerja nantinya," jelas jendral purnawirawan TNI ini.

Disinggung terkait pemanfaatan teknologi saat ini, TB mengaku perlu pendekatan khusus antara generasi milenial perkotaan dan pedesaan. Karena, menurut TB, keduanya memiliki karakteristik berbeda.

"Milenial itu ada juga di desa-desa yang jauh dari teknologi, itu harus dilakukan pendekatan secara khusus," katanya.

Di desa, yang paling utama adalah lapangan pekerjaan. Sekarang ini para petani rata-rata usia 40 tahunan. Menurutnya perlun adanya regenerasi, di mana memasukkan unsur teknologi dalam dunia pertanian.

"Sementara perkotaan itu biasanya muncul startup - startup untuk menghadirkan solusi di tengah-tengah masyarakat. Tentu perlu difasilitasi agar bisa berkembang nantinya," ujar TB.
(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed