detikNews
Kamis 15 Maret 2018, 14:17 WIB

Pemkot Bandung Siapkan Rp 23 M Perpanjang Skywalk Cihampelas

Tri Ispranoto - detikNews
Pemkot Bandung Siapkan Rp 23 M Perpanjang Skywalk Cihampelas Skywalk Cihampelas Bandung. (Foto: Erna Mardiana/detikcom)
Bandung - Pemkot Bandung akan melakukan lelang proyek pembangunan Skywalk Cihampelas tahap dua dengan total anggaran mencapai miliaran rupiah. Nantinya proyek tersebut tersambung dengan bangunan Skywalk Cihampelas yang sudah ada.

"Untuk Skywalk Cihampelas itu sedang dipersiapkan lelang. Anggarannya 23 miliar rupiah," ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung Arif Prasetya di Balai Kota Bandung, Kamis (15/3/2018).


Arif mengatakan saat ini pihaknya sedang melakukan peninjauan ulang lantaran Detail Engineering Design (DED) dilakukan pada tahun 2017 lalu. "Sehingga kita review lagi, hitung lagi. Dan sudah persiapan untuk lelang," ucapnya.

Rencananya, kata Arief, proyek kali ini tersambung dengan bangunan yang beken disebut Teras Cihampelas yang pernah dikunjungi Presiden Jokowi pada 12 April 2017. Proyek tersebut akan menambah panjang Teras Cihampelas sekitar 250 meter ke arah Jembatan Layang Pasupati.

Menurut Arif hal itu dilakukan sesuai dengan fungsi jalan layang untuk pejalan kaki yakni menyambungkan satu tempat dengan tempat lain. Sehingga warga bisa nyaman untuk jalan-jalan, belanja hingga menuju tempat parkir.

"Jadi lebih mudah, lebih aman, lebih nyaman," ucapnya.


Disinggung soal keberadaan PKL, Arif mengatakan jika dilihat dari fungsi sebenarnya, skywalk merupakan area pedestrian atau jalan khusus pejalan kaki. Namun ia tak menampik ada titipan agar pedagang dinaikan ke atas.

"Ada titipan pedagang. Kita naikkan ke atas agar tertata. Tapi kalau dari sisi kita (DPU), skywalk itu untuk fasilitas orang berjalan, bukan pedagang," ujar Arif.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed