DetikNews
Rabu 14 Maret 2018, 20:53 WIB

Pilwalkot Bandung 2018

Sebulan Kampanye, Oded Dicurhati Banjir, Macet dan Sampah

Tri Ispranoto - detikNews
Sebulan Kampanye, Oded Dicurhati Banjir, Macet dan Sampah Foto: Tri Ispranoto
Bandung - Calon Wali Kota Bandung Oded M Danial mengaku kerap mendapatkan tiga keluhan sama selama masa kampanye. Persoalan yang dikeluhkan itu adalah banjir, macet dan sampah.

"Sebenarnya tergantung wilayah, kalau timur itu soal banjir. Tapi umumnya adalah kemacetan dan sampah. Tiga itu masih dominan," ujar Oded saat ditemui di sela-sela kampanye di RW 10, Kelurahan Derwati, Kecamatan Rancasari, Kota Bandung, Rabu (14/3/2018).

Menurut Oded jika ia terpilih nanti akan mengedepankan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai solusi tiga hal itu. Bahkan akan banyak anggaran yang bertujuan untuk membentuk karakter warga agar lebih berdaya.

"Menurut Mang Oded, membangun negara kalau hanya membangun infrastruktur saja itu biasa. Kalau membangun kemandirian itulah yang istimewa," katanya.

Kamis 15 Maret besok, masa kampanye Pilwalkot Bandung 2018 genap memasuki satu bulan. Menghadapi masa kampanye yang masih panjang, Oded menilai cara paling efektif adalah dengan blusukan bertemu warga.

Menurut Oded hal itu sangat menguntungkan karena dalam waktu singkat bisa bertemu sekaligus sosialisasi terhadap banyak warga. Baginya dengan cara itu warga tidak hanya mengenalnya tapi terdidik dari segi politik.

"Kalau soal biaya itu tidak mahal. Sampai hari ini saya paling ngasih berapa, rata-rata ini partisipasi warga. Kecuali ada RW bilang kas lagi kosong, ya dikasih tapi tidak pernah besar. Jadi tidak semua minta," ucapnya.

Terpenting, kata Oded, dalam masa kampanye ini ia bisa melakukan sosialisasi sekaligus edukasi politik terhadap warga. Seperti halnya cara memilih pemimpin yang baik, bagaimana berpolitik santun, hingga membocorkan gaji yang diterima selama menjabat sebagai Wakil Wali Kota Bandung 2013-2018.

Disinggung soal perbedaan saat Pilwalkot Bandung 2013 dan sekarang, Oded menilai suasana kampanye saat ini lebih terasa adem lantaran perhatian warga tersedot pada Pilgub Jabar 2018.

"Bagi Mang Oded mah hangat tidak hangat, tetap kita jalan terus," tandas politisi PKS itu.
(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed